Simak! Sri Mulyani Ungkap Pertanda COVID-19 Menuju Endemi

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 12:34 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadir dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI. Rapat itu membahas pagu indikatif Kementerian Keuangan dalam RAPBN 2022
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut dunia sedang menuju endemi COVID-19. Meski jumlah kasus meningkat karena varian Omicron, tak banyak negara yang memberlakukan lockdown saat ini.

"Di berbagai negara kenaikan COVID tidak diikuti dengan restriksi, tidak seperti waktu Delta, jadi dalam hal ini restriksi relatif mild," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (19/1/2022).

Meski COVID-19 dimungkinkan tidak akan hilang, namun dampaknya bisa diredam dengan protokol kesehatan tanpa mengorbankan aktivitas perekonomian di masing-masing negara.

"Ini adalah path untuk menuju fenomena endemi, artinya COVID nggak akan hilang namun kita harus tetap melakukan kegiatan, komprominya melalui protokol kesehatan dan bagaimana new lifestyle dalam situasi kita bisa meminimalkan dampak kemungkinan transmisi korban akibat pandemi," tegasnya.

Sri Mulyani menjelaskan alasan berbagai negara tidak memilih lockdown. Hal itu dikarenakan telah adanya vaksinasi COVID-19, hingga varian Omicron yang dinilai tidak lebih berbahaya dari varian Delta.

"Karena mereka confident sudah ada vaksinasi 70% terutama di negara maju, tapi juga mereka menganggap bahwa dampak dari Omicron tidak separah Delta, sehingga kalau masyarakat tetap disiplin dari sisi protokol kesehatan dan mau ikuti vaksinasi apalagi booster, mereka percaya itu bisa melakukan kegiatan ekonomi seperti biasa tanpa meningkatkan risiko dari sisi korban," tutur Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap peningkatan kasus COVID-19 tidak terjadi di Indonesia. Masyarakat harus konsisten dengan protokol kesehatan dan gaya hidup sehat.

"Kita berharap ini akan terus karena ini keselamatan rakyat kita," tandasnya.

Simak video 'Poin-poin Penting yang Disoroti Jokowi soal Melonjaknya Kasus Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)