'Orang Terkaya' RI Dicolek DPR saat Rapat Bareng Sri Mulyani, Ada Apa?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 12:49 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) didampingi Wamenkeu Suahasil Nazara (kanan) mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi XI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Raker tersebut membahas Laporan Keuangan Kementerian Keuangan pada APBN 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini melakukan rapat kerja (raker) dengan Komisi XI DPR RI. Dalam kesempatan itu dia hadir secara langsung dengan jajaran pimpinan unit eselon I Kementerian Keuangan.

Saat Sri Mulyani sedang menjelaskan paparan, tiba-tiba pimpinan rapat yakni Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto mencolek Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban yang duduk tepat di belakang Sri Mulyani.

"Sebentar bu (Menkeu), itu Dirjen Kekayaan Negara kalau bisa di depan bu jangan di belakang (duduknya)," ujar Dito, Selasa (19/1/2021).

Menurutnya, sebagai orang terkaya di Indonesia versi Sri Mulyani tak seharusnya Rionald duduk di belakang. Harusnya sejajar dengan dirjen lainnya.

"Udah paling kaya masa di belakang. Di depan lah pak, di samping Pak Isa (Dirjen Anggaran)," imbuhnya.

Sri Mulyani Menjawab

Hal ini pun ditanggapi oleh Sri Mulyani. Menurutnya duduk di belakang sengaja dipilih Rionald karena tempat paling strategis dan ingin terlihat langsung di kamera.

"Dia (Rionald) pengin di situ supaya bisa kelihatan di Zoom pak, karena kan di sini (samping Dirjen Anggaran) nggak kelihatan. Supaya bisa dilihat pak, kalau di sana nggak bisa dilihat karena di belakang kamera pak. Dia sangat strategis dan calculated. Pak Rio emang begitu pak," jelas Sri Mulyani sambil tertawa yang disambut tawa oleh seisi ruang rapat.

Sebagai informasi, raker Kementerian Keuangan dan Komisi XI DPR RI hari ini membahas mengenai kinerja APBN dan PEN 2021 serta program PEN 2022. Dalam raker ini Sri Mulyani didampingi oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Dirjen Anggaran Isa Rachmatarwata, Dirjen Kekayaan Negara Rionald Silaban, Sekretaris Jenderal Heru Pambudi, Dirjen Bea Cukai Askolani, dan jajaran eselon I lainnya.

Meski begitu, Sri Mulyani tidak sampai selesai mengikuti jalannya rapat. Pasalnya ada rapat di Istana bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau cepat nanti saya balik lagi ke sini," tuturnya saat pamit meninggalkan ruang rapat.

Lihat juga video 'Sri Mulyani Pamer Neraca Perdagangan November 2021 Tertinggi dalam 14 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)