Top! RI Mau Ekspor Kopi 3.000 Ton ke Mesir Tahun Ini

Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 16:18 WIB
lebih baik biji kopi atau kopi bubuk
Biji kopi/Foto: iStock
Jakarta -

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) telah sepakat menjalankan kontrak jual beli ekspor kopi ke Mesir sebanyak 3000 ton. Adapun kopi tersebut akan diekspor secara bertahap selama periode Januari sampai dengan Desember 2022.

Nantinya ekspor perdana di tahun 2022 ini rencana akan dilepas pada minggu ke-3 Januari 2022 dari Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung.

"Ekspor ini akan berjalan regular sepanjang tahun 2022, dan kita akan terus support petani lokal dalam meningkatkan hasil produksi secara kualitas dan kuantitas," jelas Direktur Komersial dan Pengembangan PT PPI, Andry Tanudjaja, dalam keterangannya, Rabu (19/1/2022).

Kerjasama bilateral ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk membangun perekonomian, khususnya di bidang pertanian kopi Tanah Air.

Selain itu bila kerjasama ekspor ini dapat berjalan dengan baik, maka diharapkan ke depannya Indonesia mampu memperluas akses pasar produk Indonesia lainnya menuju Afrika, Eropa dan Timur Tengah.

"Kopi Indonesia menjadi salah satu komoditas yang memenuhi kebutuhan kopi di Mesir, hal ini menjadi pemicu bagi kita dan petani kopi lokal untuk terus menjaga kualitas kopi dan meningkatkan hasil produksi," ucap Direktur Utama PT PPI Nina Sulistyowati.

"Ke depannya kerja sama ini tetap terjalin dan memperluas jangkauan ekspor untuk produk-produk lainnya, begitupun produk dan komoditi dari member of ID Food," jelasnya lagi

(zlf/zlf)