Harga Minyak Goreng Rp 14.000/Liter, tapi Belum Berlaku di Pasar

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 20:30 WIB
Harga Minyak Goreng
Foto: Aulia Damayanti
Jakarta -

Kementerian Perdagangan mematok harga minyak goreng menjadi Rp 14.000 per liter. Kebijakan ini berlaku untuk semua kemasan sederhana dan premium.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi sebelumnya mengatakan, harga itu mulai berlaku pada 19 Januari 2022. Berdasarkan pantauan detikcom, minyak goreng dengan harga Rp 14.000/liter baru bisa dibeli di minimarket seperti Indomaret atau Alfamart.

Di Indomaret Bukit Duri, Jakarta Selatan, harga minyak goreng kemasan premium sudah Rp 14.000/liter. Salah satu petugas bernama Rina mengatakan harga minyak goreng hari ini sudah Rp 14.000/liter dan berlaku pada semua merek minyak goreng.

Lalu di Indomaret wilayah BSD, Tangerang Selatan harga minyak goreng hari ini juga sudah Rp 14.000/liter. Para pembeli cukup antusias dengan kebijakan tersebut.

"Harganya sudah turun, mumpung lagi murah makanya langsung dibeli," kata seorang pengunjung kepada detikcom, Rabu (19/1/2022).

Antusiasme masyarakat membuat stok minyak goreng menipis. Pihak minimarket mengatasinya dengan membatasi maksimal pembelian dua bungkus minyak goreng.

Salah satu minimarket yang menerapkan itu berada di wilayah BSD, Tangerang Selatan. Konsumen hanya bisa membeli minyak goreng dua bungkus kemasan 2 liter.

"Belinya dibatasi, cuma boleh beli minyak goreng 2 bungkus atau 4 liter," kata salah seorang pembeli bernama Tami.

Kebijakan yang sama juga diberlakukan di minimarket Serua Permai, Tangerang Selatan. Pihak minimarket membatasi pembelian minyak goreng hanya 2 bungkus. Pembeli mengantre untuk bisa mendapatkan minyak goreng.

"Kasir bilang maksimal 2 botol/bungkus atau maksimal 4 liter. Kalau beli kemasan 1 liter juga maksimal 2 bungkus/botol," kata pembeli bernama Togar.

Belum berlaku di pasar. Berlanjut ke halaman berikutnya.