Masih Ingat Bos yang Viral Pecat 900 Karyawan? Kini Kerja Lagi Usai Cuti

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 20 Jan 2022 09:04 WIB
Vishal Garg
Vishal Garg/Foto: Instagram @betterdotcom
Jakarta -

Masih ingat dengan kisah viral bos yang memecat 900 karyawannya lewat Zoom? Ya, orang tersebut adalah CEO Better.com, Vishal Garg. Dia sudah mulai kerja lagi setelah mengambil cuti.

Berdasarkan surat yang dikirim dewan direksi perusahaan ke karyawan, Garg kembali bekerja penuh sebagai CEO. Surat itu mencatat bahwa dia menggunakan cuti untuk merefleksikan kepemimpinannya.

Surat perusahaan kepada karyawan mengatakan firma hukum luar sedang meninjau budaya kerja Better.com. Perusahaan sedang menerapkan perubahan, termasuk menambah lebih banyak manajer dan kepala sumber daya manusia (SDM).

Pada Desember 2021, Garg mengadakan pertemuan Zoom meeting untuk memberhentikan 9% dari tenaga kerja. "Jika Anda menerima panggilan ini, Anda adalah bagian dari kelompok sial yang diberhentikan. Pekerjaan Anda di sini dihentikan, berlaku segera," katanya dikutip dari CNN, Kamis (20/1/2022).

Setelah apa yang dilakukannya, Garg mengambil cuti. Pada saat itu, Better sedang merekrut pihak ketiga guna melakukan penilaian kepemimpinan dan budaya yang rekomendasinya akan dipertimbangkan untuk membangun budaya berkelanjutan dan positif di Better.

Garg sebelumnya telah meminta maaf atas perlakuannya kepada karyawan dan mengakui apa yang dilakukannya membuat situasi sulit jadi lebih buruk.

"Saya gagal menunjukkan rasa hormat dan penghargaan yang sesuai untuk individu yang terkena dampak dan kontribusi mereka untuk Better. Saya memiliki keputusan untuk melakukan PHK, tetapi dalam mengkomunikasikannya, saya melakukan kesalahan eksekusi. Dalam melakukannya, saya membuatmu malu," tulis Garg dalam surat untuk karyawan.

Sebagai informasi, Better.com bernilai US$ 6,9 miliar dan menjadi perusahaan peringkat pertama di LinkedIn dengan daftar Top Startups pada 2021 dan 2020. Pemberi pinjaman secara online yang didukung Softbank itu telah mencoba untuk go public, tetapi tertunda karena dampak dari penanganan Garg menyelesaikan PHK.

Lihat juga video 'Indosat M2 Dibubarkan, 350 Karyawan Di-PHK dan Siap Demo':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)