Tekan Utang, BUMN Ini Jual 4 Perusahaan Patungan-19 Aset Properti

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 20 Jan 2022 21:45 WIB
Gedung PTPP
Foto: Eduardo Simorangkir-detikFinance

PTPP sebagai salah satu perusahaan BUMN Konstruksi turut ikut andil dalam program tersebut dimana dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut dapat meningkatkan likuiditas perusahaan. Selain itu, program tersebut juga merupakan alternatif pendanaan dari sisi ekuitas selain dari sumber pendanaan lainnya, memperbaiki struktur permodalan perusahaan dengan menekan kenaikan hutang berbunga dan dapat meningkatkan kinerja karena terdapat keuntungan yang dapat dibukukan dari transaksi tersebut.

"Sejalan dengan program transformasi perusahaan BUMN yang dicanangkan oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir, PTPP berharap dengan aksi korporasi tersebut dapat meningkatkan kinerja induk dan anak perusahaan. Aset-aset properti tersebut akan ditawarkan sebagian secara berkelompok dan sebagian berdiri sendiri. Para investor yang berminat mengikuti program ini diharapkan dapat melengkapi proses administrasi dan proses registrasi. Keterangan lengkap terkait proses tersebut akan diumumkan pada saat acara Peluncuran Produk mendatang," kata Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PTPP Agus Purbianto dalam keterangan resminya, Kamis (20/1/2022).

Perusahaan juga memiliki strategi peningkatan pengelolaan investasi dengan mengoptimalkan program investasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. PTPP memiliki opportunity kontrak baru konstruksi dari adanya investasi tersebut.

Adapun peluang tersebut berasal dari pekerjaan proyek infrastruktur maupun pembangunan pabrik di kawasan tersebut. Di tahun ini dan tahun mendatang, PTPP masih memiliki berbagai kesempatan untuk menggarap sejumlah proyek konstruksi lainnya di KIT Batang, seperti: pematangan lahan seluas 2.650 ha, pembangunan pengelola dan sarana ibadah, pembangunan pabrik siap pakai, dryport, seaport, jetty, dan pembangunan infrastruktur dan utilitas lainnya.


(das/dna)