Tenaga Honorer Dihapus Tahun Depan, Harus Lakukan Ini Biar Aman

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 24 Jan 2022 08:00 WIB
Sejumlah guru honorer menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta. Para guru menuntut dihapuskannya Permenpan No. 36 Tahun 2018.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemerintah akan menghapus tenaga honorer di instansi pemerintah pada 2023 alias tahun depan. Meski demikian, tenaga honorer ini masih punya kesempatan untuk bekerja di instansi pemerintah dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan, untuk menjadi PPPK tenaga honorer mesti melewati seleksi. Hal ini mengacu Undang-undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

"Saat ini menurut UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN, ASN ada PNS dan PPPK. Perekrutan PNS dan PPPK harus melalui tes," katanya kepada detikcom, Minggu (23/1/2022).

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni sebelumnya menjelaskan, saat ini masih ada lebih dari 400 ribu tenaga honorer di instansi pemerintah, paling banyak di daerah.

Ada beberapa skema untuk menampung tenaga honorer, yakni melalui seleksi PPPK. Bagi yang tidak diserap akan didorong agar masuk ke pihak ketiga dengan skema alih daya atau outsourcing.

Lanjutnya, dari 400 ribu itu sebanyak 120 ribu di antaranya merupakan tenaga pendidik, tenaga kesehatan sekitar 4 ribu, dan tenaga penyuluh sekitar 2 ribu. Dia mengatakan, akan mendorong tenaga honorer yang memenuhi syarat untuk mengikuti masuk melalui skema PPPK.

"Nah itu 120 ribuannya tenaga pendidik kita harapkan ikut PPPK. Kita lagi cari juga terobosan-terobosan agar mereka memang yang bisa memenuhi syarat bisa gabung sebagai PPPK. Tenaga kesehatan sekitar 4 ribuan. Penyuluh masih ada sekitar 2 ribuan," jelasnya.

Simak juga video 'Kemen-PAN RB dan Komisi II Sepakat Hapus Tenaga Honorer':

[Gambas:Video 20detik]



Sejumlah pekerjaan sudah diisi outsourcing. Cek halaman berikutnya.