Ada Kerangkeng Manusia di Rumah, Bupati Langkat Punya Harta Rp 85 M

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 09:55 WIB
Foto: Penampakan kerangkeng manusia di rumah Bupati Langkat, Sumatera Utara (Dok. tangkapan layar))
Foto: Foto: Penampakan kerangkeng manusia di rumah Bupati Langkat, Sumatera Utara (Dok. tangkapan layar))
Jakarta -

Sebuah kerangkeng manusia ditemukan di rumah Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin usai terkena OTT KPK. Adanya temuan kerangkeng manusia di rumah Bupati Langkat Terbit diungkap oleh Migrant CARE yang melaporkan temuan itu ke Komnas HAM.

Migrant CARE menyebut kerangkeng manusia itu terletak di bagian belakang rumah Bupati Langkat. "Berdasarkan laporan yang diterima Migrant CARE, di lahan belakang rumah Bupati tersebut, ditemukan ada kerangkeng manusia yang dipekerjakan di kebun kelapa sawitnya mengalami eksploitasi," ucap Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant CARE, Anis Hidayah, dalam keterangannya, Minggu (23/1/2022).

Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin (Dok. Pemkab Langkat)Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin (Dok. Pemkab Langkat) Foto: Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin (Dok. Pemkab Langkat)

Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Putra Panca mengkonfirmasi adanya penemuan kerangkeng manusia di Rumah Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin. Panca mengatakan pihaknyalah yang menemukan tempat menyerupai kerangkeng tersebut.

"Kita pada waktu kemarin teman- teman dari KPK yang kita back-up, melakukan OTT. Kita melakukan penggeledahan pada saat itu datang ke rumah pribadi Bupati Langkat. Dan kita temukan betul ada tempat menyerupai kerangkeng yang berisi tiga-empat orang waktu itu," kata Irjen Panca kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Panca mengaku telah mendalami temuan kerangkeng manusia tersebut kepada Terbit Rencana. Dari hasil pendalaman, kata dia, kerangkeng yang berisikan sejumlah orang tersebut merupakan tempat rehabilitasi narkoba yang dibangun Terbit secara pribadi.

Meski demikian Panca menyebut tempat rehabilitasi narkoba itu tidak berizin. Panca mengaku masih terus mendalami soal kerangkeng yang dijadikan sebagai tempat rehabilitasi narkoba itu. Hal itu termasuk terkait pemeriksaan kesehatan terhadap para pengguna narkoba yang direhabilitasi.

"Saya dalami bagaimana pemeriksaan kesehatan, siapa yang bekerja di sana," ujarnya.

Berapa harta Bupati Langkat? Cek halaman berikutnya.