Harga Ayam Mulai Merangkak Naik, Tembus Rp 60 Ribu

Iffa Naila Safira - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 13:10 WIB
Harga Ayam
Harga Ayam/Foto: Iffa Naira Safira
Jakarta -

Hari ini harga ayam di Pasar Santa, Jakarta Selatan mencapai Rp 65 ribu/ekor dengan kisaran ukuran 1 kilogram (kg) lebih. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 40 ribu/ekor dengan ukuran yang sama. Sementara itu, pedagang lain di Pasar Mampang Prapatan menyebutkan harga ayam saat ini sampai Rp 50 ribu/ekor.

"Paling kecil Rp 35 ribu biasanya sekilo, yang paling besar Rp 60-65 ribu itu sekilo lebih," kata Wartini salah satu pedagang ayam di Pasar Santa, Kebayoran Baru, Selasa (25/1/2021).

Karena harga yang mahal pedagang menilai jualannya lebih sepi dibanding biasanya. Ini karena harga sebelum tahun baru lebih murah dibanding tahun ini. Harga ayam tahun lalu sekitar Rp 40-50 ribu/ekor, sekarang bisa sampai Rp 65 ribu/ekor.

"Harga 65 ribu per ekor ini mulai naik sejak mau tahun baru. Sebelumnya harga normal saja di Rp 40-50 ribu per ekor," tambahnya.

Pedagang lain di Pasar Santa mengatakan jualan disini dengan cara per ekor. Menilai dengan harga yang sampai Rp 65 Ribu/ekor ini membuat jualannya jadi sepi. Karena itu, terkadang beberapa pedagang mulai memutuskan untuk pulang meski jualannya belum habis.

"Gak ada ramai nya, jadi habis atau tidak kalau sudah mau pulang ya pulang," jelas Artini, salah satu pedagang di Pasar Santa.

Berbeda dengan data di Info Pangan Jakarta yang menyebutkan harga daging ayam tertinggi di Jakarta sekitar Rp 48 ribu/kilo.

Lihat juga video 'Harga Telur Ayam Sedikit Turun, Pedagang Masih Ngeluh Omzetnya Drop!':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)