Temukan Penimbunan Minyak Goreng? Segera Lapor Polisi!

Adhyasta Dirgantara - detikFinance
Rabu, 26 Jan 2022 11:21 WIB
Harga Minyak Goreng
Foto: Aulia Damayanti
Jakarta -

Persediaan minyak goreng di sejumlah toko ritel mulai langka usai pemerintah menetapkan harganya di Rp 14.000 per liter. Hal ini terungkap di berbagai minimarket kawasan Jakarta Selatan yang persediaan minyak gorengnya selalu kosong.

Mengatasi fenomena ini, Bareskrim Polri melalui Satgas Pangan meminta agar masyarakat yang menemukan dugaan penimbunan untuk melapor kepada polisi setempat.

"Tidak ada kekosongan stok, antrean panjang, aksi borong, dan dugaan penimbunan. Bila masyarakat menemukan adanya keadaan dan/atau dugaan pelanggaran tersebut, agar dilaporkan kepada kami," ujar Wakasatgas Pangan Brigjen Whisnu Hermawan saat dimintai konfirmasi, Selasa (25/1/2022).

Selain itu, Whisnu turut menyampaikan, terkait hasil temuan Satgas Pangan Pusat dan Satgas Pangan Daerah mengenai stok minyak goreng dan gula pasir di lapangan, ketersediaan minyak goreng di retail modern sampai 2 minggu ke depan aman.

"Bahwa ketersediaan di jaringan retail modern aman sampai 2 minggu ke depan. Pada retail modern, khususnya di Pulau Jawa, sudah mendapatkan distribusi di masing-masing outlet (sekitar 5-10 karton)," tuturnya.

Kekosongan minyak ini di konfirmasi oleh karyawan minimarket daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Menurutnya, minyak goreng bisa ludes dalam satu hari, dan sulit didapatkan meski list barang selalu datang setiap hari tapi belum tentu ada minyak.

"Kemarin itu minyak datang 100 karton, cuma ya gitu, sehari langsung habis. Hari ini minyak tidak ada di list barang datang," kata salah satu karyawan Indomaret kepada detikcom.

Simak juga 'Tipu-tipu Jual Minyak Goreng Harga Miring, Pria di Sukoharjo Dibui':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)