Diaspora RI Bikin Asosiasi Pengusaha Indonesia di Belanda

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 27 Jan 2022 18:06 WIB
Warga Diaspora Memohon Kelonggaran Aturan Karantina Indonesia di Pandemi COVID-19
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Pada diaspora Indonesia yang berada di Belanda resmi membentuk Asosiasi Pengusaha Indonesia (Aspina). Peresmian ini dilakukan langsung oleh Dubes RI Den Haag.

Asosiasi ini dibentuk dengan 5 divisi koordinator. Divisi itu yang akan menjadi koridor bagi pengusaha Indonesia yang ingin menjalin kerjasama usaha dengan pihak Belanja.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut memberikan pidato dalam acara itu mengatakan, Belanda merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia. Belanda juga merupakan kantong terbesar bagi diaspora Indonesia.

"Saya berharap asosiasi ini dapat menjadi forum untuk semakin memperkuat kerjasama ekonomi antara pengusaha Indonesia dengan stakeholder terkait di Belanda. Asosiasi ini juga bisa menjadi platform strategis dengan mitra strategis di Belanda. Memperkenalkan produk nasional serta menjadi wadah networking bagi pengusaha Indonesia di Belanda," tuturnya, Kamis (27/1/2022).

Indonesia berbagi sejarah panjang dengan Belanda yang telah mempengaruhi kedekatan hubungan kedua negara saat ini. Salah satu karakteristik khusus Belanda adalah jumlah WNI dan Diaspora Indonesia yang besar, yakni sekitar 15 ribu WNI dan 1.7 juta diaspora yang merupakan keturunan Indonesia.

Tercatat saat ini terdapat sekitar 400 WNI/diaspora Indonesia di Belanda yang melakukan wirausaha dalam berbagai sektor. Pemilik restoran mendominasi dengan jumlah sekitar 300 restoran Indonesia. Sektor lainnya adalah ekspor-impor, distributor produk Indonesia, bisnis ritel, hotel, agen perjalanan, smart technology, dan jasa konsultan.

Berikut susunan kepengurusan Aspina Belanda:

Ketua Suryo: Tutuko
Wakil Ketua: Fahad Attamimi
Sekreteris: Monique Patricia
Bendahara: Helen Setiawati
Koordinator Divisi 1: Myra Rouhof
Koordinator Divisi 2: Renu Lubis
Koordinator Divisi 3: Norayanto Simaremare
Koordinator Divisi 4: Fajar Ramadhany
Koordinator Divisi 5: Han Harlan

(das/fdl)