Taklukkan Pasar China, Apple Kembali Jadi Rajanya Smartphone

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 28 Jan 2022 10:02 WIB
iPhone 13 Pro
Ilustrasi/Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Raksasa teknologi Apple sekali lagi kembali menjadi merek smartphone terlaris di seluruh dunia. Kesuksesannya ini berhasil mereka dapatkan berkat dominasi perusahaan di pasar China.

Melansir dari CNN, Jumat (28/1/2022), berdasarkan sebuah laporan oleh Counterpoint Research, dikatakan bahwa Apple mencapai pangsa pasar "tertinggi" di China sepanjang kuartal IV 2021 kemarin.

Hal ini merupakan pertama kalinya dalam enam tahun bagi perusahaan pembuat iPhone tersebut untuk dapat mencapai posisi teratas di pasar smartphone Negeri Tirai Bambu tersebut.

Diketahui bahwa pangsa pasar Apple di China mencapai 23% pada kuartal terakhir tahun 2021. Lonjakan ini terjadi karena total penjualan smartphone di China turun 9% YoY.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh perusahaan riset Canalys, berkat kinerja penjualan iPhone di China ini lah yang berhasil membuat Apple merebut kembali posisinya sebagai pemimpin pasar global.

Perusahaan riset Canalys mengatakan bahwa raksasa AS mengalahkan Samsung dengan pangsa pasar masing-masing perusahaan di seluruh dunia sebesar 22% dan 20%.

"Apple kembali ke puncak pasar smartphone setelah tiga kuartal, didorong oleh kinerja yang luar biasa dari iPhone 13," tulis analis Canalys Sanyam Chaurasia dalam laporannya.

"Apple melihat kinerja iPhone yang belum pernah terjadi sebelumnya di Cina daratan, dengan harga agresif untuk perangkat andalannya menjaga proposisi nilai tetap kuat," jelasnya lagi.

Simak juga video 'iPhone 15 Pro Dikabarkan Bakal Pakai Layar Buatan Perusahaan China':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)