Heboh Aksi Heroik Sopir TransJ, Berapa Sih Gajinya?

Iffa Naila Safira - detikFinance
Jumat, 28 Jan 2022 14:49 WIB
PT TransJakarta mewajibkan penumpang memiliki STRP mulai 12 Juli. Akibatnya, Halte Flyover Raya Bogor yang biasanya ramai kini sepi penumpang.
TransJakarta/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Khaerun seorang sopir TransJakarta berhasil menyelamatkan percobaan bunuh diri yang hendak dilakukan oleh seorang wanita di flyover Jakarta Barat. Aksi heroik seorang sopir ini menuai banyak pujian, kira-kira berapa sih gajinya?

Dalam catatan detikcom, berdasarkan hitungan UMP DKI tahun 2017 yakni sebesar Rp 3.355.750, untuk sopir bus TransJakarta single bus akan mendapatkan gaji Rp 6,7 juta. Sopir bus gandeng digaji Rp 11,7 juta, sedangkan sopir bus gandeng dobel bisa mengantongi Rp 13,4 juta hingga Rp 15 juta per bulan.

Mantan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengatakan sopir bus TransJakarta memiliki kesamaan dengan pilot. Kesamaan yang dimaksud oleh Ahok ialah membawa ratusan penumpang. Itu mengapa Ahok akan memberikan gaji yang dinilai pantas untuk menghargai para sopir bus TransJakarta, sehingga sopir single bus akan mendapat 2 kali UMP.

"Kalau yang gandeng itu 3,5 kali UMP. Sementara yang gandeng dobel 4-4,5 kali UMP," papar Ahok kepada para pendukungnya di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/12/2016) silam.

Diketahui, Khaerun melakukan aksi heroiknya ketika Ia sedang melewati flyover di Jembatan 3, Jakarta Barat. Kemudian Ia memberhentikan bus di dekat korban, dan segera turun dari bus dan mendekati wanita itu.

Lalu, keduanya terlihat berbicara sambil Khaerun mencoba mengalihkan pikiran wanita tersebut. Sesudah perhatiannya teralihkan, Ia langsung merangkul dan menarik badan wanita itu dari pinggir flyover. Aksi heroik yang dilakukan Khaerun akhirnya viral di media sosial dan mengundang banyak pujian dari masyarakat.

(fdl/fdl)