3 Fakta Momen Langka Prabowo Bantu Geser Kursi Sri Mulyani di DPR

Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 29 Jan 2022 06:04 WIB
Ada momen menarik saat Menhan Prabowo Subianto dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati hadiri rapat kerja di Komisi I DPR RI, Kamis (27/1) kemarin. Begini potretnya.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membantu menggeser kursi Menteri Keuangan Sri Mulyani agar posisi duduknya lebih nyaman. Momen langka itu terjadi saat keduanya menghadiri rapat kerja di Komisi I DPR RI pada Kamis (27/1).

Berikut 3 faktanya:

1. Gentleman Manner

Juru Bicara Prabowo Subianto Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan momen tersebut merupakan sopan santun alias gentleman manner seorang Prabowo. Dalam kesempatan lain karakter semacam itu disebut sering ditunjukkan olehnya.

"Momen ketika Pak @prabowo membantu menggeser kursi agar duduk Menteri Keuangan @smindrawati sempurna ini agaknya bagi saya 'Gentleman Manner' seorang Prabowo Subianto," kata Dahnil dalam unggahannya yang dikutip detikcom, Jumat (28/1/2022).

2. Patut Dicontoh

Tata krama seorang Prabowo kerap terlihat misalnya dalam menyambut tamu, berpakaian, sampai berkomunikasi. Hal itu, kata Dahnil, bisa jadi contoh bagi pemuda di Indonesia saat ini.

"Ini bisa menjadi modalitas penting bagi anak-anak muda yang mau terus belajar agar mampu berkarya lebih baik dan lebih banyak di ranah publik apapun bidang yang kita geluti," katanya.

3. Makin 'Mesra'

Hubungan Prabowo dan Sri Mulyani semakin mesra setelah keduanya dipertemukan dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah sebelumnya bisa dibilang sempat memanas.

Dalam catatan detikcom, Prabowo sempat mengkritik keras pemerintah soal utang yang terus menumpuk. Bahkan dia meminta jangan lagi ada penyebutan Menteri Keuangan, melainkan diganti jadi Menteri Pencetak Utang.

"Kalau menurut saya, jangan disebut lagi lah ada Menteri Keuangan, mungkin Menteri Pencetak Utang. Bangga untuk utang, yang suruh bayar orang lain," ujar Prabowo dalam acara dukungan alumni perguruan tinggi di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini, Jakarta Timur, Sabtu (25/1/2019) silam.

Sri Mulyani sendiri beberapa kali hanya melempar senyum menanggapi pernyataan Prabowo tersebut. Sampai puncaknya dia memberikan balasan yang menohok lewat puisinya. Berikut sebagian petikan puisi tersebut:

Kala kamu menuduh aku Menteri Pencetak Utang,
Kami menyelesaikan
Ribuan kilometer jalan raya, tol, jembatan Untuk rakyat, untuk kesejahteraan
Kami menyelesaikan
Puluhan embung dan air bersih,
bagi jutaan saudara kita yang kekeringan
Puluhan ribu rumah, untuk mereka yang memerlukan tempat berteduh

(aid/eds)