Mohon Maaf Stok Minyak Goreng Kosong, Rak Diisi Kecap-Kopi Dulu

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 29 Jan 2022 12:30 WIB
Stok Minyak Goreng di Minimarket Kosong
Foto: Aulia Damayanti
Jakarta -

Stok minyak goreng kemasan premium di minimarket cepat sekali ludes. Bahkan ada salah satu minimarket yang mengisi rak minyak goreng dengan produk kecap, susu hingga kopi.

Itu terjadi di salah satu minimarket Alfamart di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Berdasarkan pantauan detikcom, seharusnya satu rak dari atas sampai bawah diisi dengan minyak goreng. Bahkan label harga minyak goreng juga masih tercantum.

Salah satu petugas mengungkap, kekosongan memang sering terjadi. Untuk hari ini hanya datang stok minyak goreng satu dus. Dalam sekejap, minyak goreng sudah terjual.

"Memang belum stok lagi. Tadi pagi cuma datang satu dus aja. Itu juga langsung habis," katanya kepada detikcom, Sabtu (29/1/2022).

Stok Minyak Goreng di Minimarket KosongStok Minyak Goreng di Minimarket Kosong Foto: Aulia Damayanti

Ia tidak bisa memastikan kapan stok minyak goreng akan tersedia lagi, karena tergantung ketersediaan di gudang. "Belum tahu kapan lagi ada soalnya di gudang juga baru distok dari pabriknya," lanjutnya.

Di Indomaret, menurut salah satu petugas bernama Risda kekosongan terjadi sejak penurunan harga ke Rp 14.000/liter.

"Biasanya kan 2 hari sekali kita datang stok baru. Tadi pagi datang barang, tetapi tidak ada minyak goreng. Kayaknya iya semenjak turun harga ini. Kalau datang stoknya juga sedikit dan langsung habis," imbuhnya.

Masalah kekosongan stok minyak goreng ini terjadi sejak awal Kementerian Perdagangan mematok harga minyak goreng kemasan premium hanya Rp 14.000/liter. Bahkan awal-awal kebijakan itu terlaku, banyak masyarakat yang panic buying.

Di sisi lain, Kamis (27/1) Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengubah kebijakan harga minyak goreng. Ia mengumumkan pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng curah Rp 11.300/liter, kemasan sederhana R[ 13.500/liter, hingga premium Rp 14.000/liter. Harga itu berlaku mulai 1 Februari 2022.

Bagaimana dengan stok minyak goreng di tempatmu? Jika ada yang kesulitan, kabari kami lewat medsos detikfinance ya atau kirim email ke redaksi@detikfinance.com. Jangan lupa cantumkan foto-foto dan keterangannya.

(eds/eds)