UMKM Kian Melek Teknologi, Transaksi Bisa Lewat Aplikasi Chatting

- detikFinance
Senin, 31 Jan 2022 13:56 WIB
Scan QRIS
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk berbagai transaksi non tunai di Indonesia sepertinya mulai merambah ke pembayaran hal-hal yang unik. Salah satunya untuk parkir.

Sebuah foto viral di media sosial yang memperlihatkan seorang pria berkaca mata yang menggunakan baju bertuliskan Juru Parkir. Dinarasikan, juru parkir tersebut ada di Gianyar, Bali.

Menariknya, pemanfaatan QR Code untuk transaksi pembayaran memang tengah digencarkan di pulau Dewata Bali yang tersohor dengan pariwisatanya.

Penyedia jasa pembayaran digital seperti Choose Order Pay (CHOOP) turut membantu pelaku usaha kian melek dengan teknologi transaksi digital hingga pembayaran menggunakan QR Code.

Berdasarkan data, dari sebanyak 473 ribu merchant di Bali, dimana 72 persennya menggunakan transaksi nontunai. Trafik penggunaan nontunai di Bali ini 5 terbesar di Indonesia.

"Hal itu seirama dengan inovasi yang kita berikan dari CHOOP, yang mana mengedepankan nontunai dengan QR, sehingga kita datang dari Bali untuk Indonesia," kata Executive Director CHOOP, Nurkholis dalam keterangannya belum lama ini.

Bersambung ke halaman selanjutnya.