Jumbo! PlayStation Beli Pengembang Game Halo Rp 51 Triliun

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 01 Feb 2022 22:30 WIB
PlayStation Network
Foto: istimewa
Jakarta -

Sony Interactive Entertainment menyetujui kesepakatan untuk mengakuisisi pengembang video game swasta, Bungie sebesar US$ 3,6 miliar atau setara Rp 51,4 triliun (asumsi kurs: Rp 14.300).

Sony Interactive Entertainment yang mengembangkan PlayStation dan berbasis di San Mateo, California adalah anak perusahaan dari Sony Group Corp. Demikian disadur dari CNBC, Selasa (1/2/2022).

Salah satu game populer yang dikembangkan Bungie adalah game peperangan masa depan, Halo yang sudah dikembangkan hingga beberapa seri.

"Bungie telah menciptakan dan terus mengembangkan beberapa waralaba video game paling dicintai di dunia dan, dengan menyelaraskan nilainya dengan keinginan orang untuk berbagi pengalaman bermain game, mereka menyatukan jutaan orang di seluruh dunia," kata Bos Sony Group Corp Kenichiro Yoshida.

Meski diakuisisi, Bungie akan terus beroperasi secara independen di dalam Sony, misalnya saja Destiny 2 yang akan terus ditawarkan di berbagai platform.

Bungie sebelumnya pernah diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2000 dan berpisah dari perusahaan tersebut pada tahun 2007.

Waralaba Halo telah dikembangkan oleh 343 Industries Microsoft sejak 2011. Game terbarunya, Halo Infinite diluncurkan di Xbox dan Windows pada tahun 2021.

(toy/fdl)