Krisis Kentang Melanda McDonald's

ADVERTISEMENT

Krisis Kentang Melanda McDonald's

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 02 Feb 2022 06:00 WIB
Ini Penampakan Burger Mcdonalds dan Kentang Goreng Setelah Disimpan 17 Tahun
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Para pecinta kentang goreng, khususnya di McDonald's Indonesia harus sabar dulu saat ini. Karena mulai 2 Februari 2022 tak bisa lagi membeli kentang goreng McD dalam ukuran besar.

Hal ini karena McD mengumumkan melakukan pembatasan penjualan kentang goreng ukuran besar. Jadi kentang hanya dijual dengan ukuran small dan medium.

Sebenarnya krisis kentang ini tak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di Jepang. Penyebabnya adalah gangguan pada proses pengiriman kentang dari Kanada ke Jepang.

Dikutip dari japantimes.co.jp disebutkan jika kondisi pandemi juga memperburuk pasokan kentang ke berbagai negara. Di Jepang sendiri kentang goreng ukuran besar ini sudah tak tersedia sejak 9 Januari lalu.

Memang, dari laman resmi mcdonalds.com kentang yang digunakan berasal dari pertanian di Kanada. Lalu McD menggorengnya dengan minyak sayur pilihan sehingga tercipta rasa yang lezat.

Japantoday.com menyebutkan McD Jepang memilih kentang yang berasal dari Kanada dibanding kentang dalam negeri. Penyebabnya adalah karena pertanian di Kanada disebut memiliki skala ekonomi yang lebih baik dibanding Jepang.

Di Indonesia, Associate Director of Communications McDonald's Indonesia Sutji Lantyka mengungkapkan hal ini terjadi karena adanya kendala pengiriman pasokan kentang terkait pandemi COVID-19.

"Namun, kami pastikan bahwa McDonald's akan terus melakukan langkah-langkah proaktif untuk dapat memenuhi permintaan dari konsumen," kata dia dalam keterangannya, Selasa (1/2/2022).

Dia mengungkapkan pihaknya juga memanfaatkan kekuatan rantai pasokan global McDonald's yang melayani lebih dari 39.000 restoran di lebih dari 100 negara di seluruh dunia untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin. "Ini hanya sementara saja sifatnya, sampai pasokan kami normal kembali," jelas dia.

Lihat juga video 'Elon Musk Tawarkan Dogecoin untuk Transaksi di McDonald's':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT