Harta Mark Zuckerberg Lenyap Rp 429 T, Bukan Lagi 10 Orang Terkaya Dunia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 10:38 WIB
Jakarta -

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg harus menelan pil pahit karena hartanya turun hampir US$ 30 miliar atau setara dengan Rp 429 triliun (asumsi kurs Rp 14.300).

Dilansir dari Forbes ini membuat Mark Zuckerberg terdepak dari jajaran 10 orang terkaya di dunia. Kini Zuckerberg berada di posisi ke 12 di bawah Mukesh Ambani.

Dikutip dari CNBC disebutkan hal ini terjadi karena saham Meta yang terjun bebas pada Kamis waktu setempat. Saham Meta anjlok setelah perusahaan memproyeksikan pertumbuhan pendapatan yang lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Sahamnya merosot hingga 26% dan merupakan koreksi yang terbesar sepanjang sejarah. Nilai kapitalisasi pasar Meta juga merosot hingga lebih dari US$ 200 miliar.

Jumlah kekayaan bersih Zuckerberg menurut Forbes saat ini sebesar US$ 84,3 miliar. Ini merupakan kali pertama Zuckerberg tak lagi masuk dalam 10 besar jajaran orang terkaya di dunia.

Zuckerberg bersama istrinya Priscilla Chan memang berencana untuk menghabiskan kekayaannya di lembaga amal. Mereka sekarang sudah tergabung dalam Giving Pledge sejak 2015 lalu.

Giving Pledge merupakan salah satu lembaga amal yang didirikan oleh Bill Gates dan Warren Buffet yang mengumpulkan harta-harta orang kaya untuk tujuan kemanusiaan.

Sebenarnya tak cuma Zuckerberg yang pernah mengalami ini, dulu bos Tesla Elon Musk bahkan kehilangan harga US$ 35 miliar dan dia terdepak dari posisi orang terkaya di dunia setelah dia mencuit akan menjual 10% sahamnya di Tesla.

(kil/ang)