Pengumuman! Ada Sayembara Desain Stasiun MRT, Hadiahnya Rp 160 Juta

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 15:28 WIB
Stasiun Fatmawati MRT Jakarta
Foto: Dok. MRT Jakarta
Jakarta -

MRT Jakarta bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) mengadakan sayembara Desain Stasiun Kota MRT Jakarta. Hadiah yang ditawarkan juara pertama adalah Rp 160 juta. Apa saja persyaratannya?

Sayembara ini digelar berangkat dari MRT Fase 2A, khususnya Stasiun Kota yang berdekatan dengan Kawasan Kota Tua yang memiliki nilai sejarah kota Jakarta dan menjadi Kawasan Cagar Budaya. Oleh karenanya dirasa perlu adanya penyesuaian terhadap desain stasiun MRT di Stasiun Kota.

"Sebagai satu bentuk keseriusan MRT Jakarta dalam misi pewarisan budaya di DKI Jakarta dan terwujudnya Stasiun Kota yang ikonik, oleh karena itu MRT bekerja sama dengan IAI Jakarta untuk menyelenggarakan Sayembara Desain Stasiun Kota MRT Jakarta," bunyi pengumuman di situs web IAI Jakarta, dikutip detikcom Jumat (4/2/2022).

Sayembara juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran publik terhadap pembangunan MRT Jakarta, serta keterlibatan masyarakat yang kompeten dalam penyampaian aspirasi dan ide-ide untuk Stasiun Kota MRT Jakarta.

Besaran hadiah yang ditawarkan untuk juara pertama Rp 160 juta, juara kedua Rp 80 juta, dan juara ketiga Rp 50 juta.

Berikut persyaratannya:

1. Peserta bersifat nasional. Terbuka untuk umum bagi WNI, yaitu arsitek, konsultan, lembaga/badan usaha, profesional dan akademisi.

2. Peserta adalah perseorangan (arsitek madya) atau berkelompok dengan ketua kelompok yang merupakan arsitek yang bersertifikat SKA Madya/SKA Utama atau STRA 2/STRA 1.

3. Sayembara ini tidak diperkenankan untuk diikuti oleh para pihak-pihak yang terkait dengan dewan juri maupun panitia penyelenggara baik secara pribadi maupun profesional (saudara atau rekan kerja) guna menghindari konflik kepentingan di dalam proses penilaian.

4. Apabila terjadi hal demikian, maka panitia penyelenggara dapat membatalkan keikutsertaannya.

5. Batas waktu penyerahan karya sayembara adalah hari Jumat tanggal 4 Maret 2022 pukul 17.00 WIB.

Catat baik-baik jadwalnya sebagai berikut:

- 3 Februari 2022: Pengumuman

- 3 Februari 2022 s/d 8 Februari 2022: Pendaftaran Peserta Aanwijzing dan Konfirmasi Kehadiran Aanwijzing

- 9 Februari 2022: Aanwijzing dilaksanakan dengan metode Hybrid (offline dan online), namun peserta diharapkan dapat hadir di lokasi

- 3 Februari s/d 4 Maret 2022: Pendaftaran Peserta Aanwijzing, Pengambilan Dokumen, dan Pemasukan Materi Sayembara

- 12 Maret 2022: Penjurian 1 (Penentuan 3 Besar)

- 14 Maret 2022: Pengumuman 3 Terbaik

- 19 Maret 2022: Penjurian 2 (Presentasi 3 Besar (animasi)

- 21 Maret 2022 s/d 22 Maret 2022: Pengumuman Pemenang I, II, III dan Penyerahan Penghargaan Pemenang

(toy/fdl)