ADVERTISEMENT

Mukesh Ambani Bukan Lagi Orang Terkaya di Asia, Ini Penggantinya

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 17:26 WIB
Gautam Adani
Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Pengusaha asal India, Gautam Adani menjadi orang terkaya di Asia menurut data Forbes' Real Time Billionaire. Ia mengungguli Mukesh Ambani yang sebelumnya menduduki posisi tersebut.

Mengutip Forbes, Jumat (4/2/2022), kekayaan Gautam Adani ditaksir US$ 90,1 miliar atau setara 1.293 triliun (kurs Rp 14.354). Angka itu unggul tipis dari kekayaan Mukesh Ambani yang tercatat US$ 90 miliar.

Dibandingkan kekayaan Adani pada 2021 sebesar US$ 50,5 miliar, harta Adani tahun ini naik dua kali lipat. Kemudian, sempat naik juga ke angka US$ 84,5 miliar.

Selain orang terkaya di Asia, Gautam Adani juga masuk menjadi orang terkaya ke-10 di dunia. Ini merupakan capaian yang luar biasa bagi Adani yang merupakan anak putus sekolah.

Sosok Adani ini berasal dari negara bagian Gujarat, India barat. Dia keluar dari perguruan tinggi dan mendirikan Adani Enterprises sebagai eksportir komoditas pada tahun 1988.

Saat ini bisnisnya telah menjadi perusahaan terkemuka di India di bawah bendera Adani Group. Sektor bisnis perusahaannya mencakup pembangkit listrik, transmisi, minyak nabati, real estat dan batu bara.

Kesuksesannya juga mendorong Adani masuk ke dalam Miliarder Dunia Forbes pada 2008 dengan harta saat itu ditaksir senilai US$ 9,3 miliar.

Grup perusahaan Adani memiliki enam perusahaan terdaftar di India, yang paling berharga adalah Adani Green Energy Ltd, yang sahamnya telah melonjak 77% pada tahun lalu.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT