Saktinya Kripto! Bikin Pria Ini Jadi Orang Terkaya Dunia

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 12 Jan 2022 09:32 WIB
Ilustrasi Kripto
Kripto/Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Changpeng Zhao atau lebih dikenal sebagai CZ telah berhasil menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Changpeng Zhao sendiri merupakan seorang pendiri dan CEO Binance, salah satu platform bursa mata uang kripto terbesar di dunia.

Zhao sendiri pertama kalai meluncurkan Binance pada tahun 2017 dan secara bertahap membangunnya menjadi salah satu platform pertukaran crypto terbesar di dunia.

Melansir dari CNN, Rabu (12/1/2022), berdasarkan data dari Bloomberg Billionaires Index menunjukkan Changpeng Zhao tercatat memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 96 miliar atau sekitar Rp 1.373 triliun (asumsi kurs Rp 14.300/dolar AS).

Keberhasilan Binance menjadi salah satu penyebab kekayaan besar yang diraih oleh Zhao. Berkat itu kini kekayaan Zhao berhasil menyaingi pendiri Oracle (ORCL) Larry Ellison dan melampaui Mukesh Ambani, taipan India yang kekayaannya juga melonjak selama dua tahun terakhir.

Menanggapi hal ini, dalam sebuah posting di Twitter pada Senin (10/1) kemarin, Zhao menyampaikan bahwa dirinya tidak akan terlalu memperhatikan peringkat kekayaan global tersebut. Justru sebaliknya ia ingin lebih fokus untuk membantu lebih banyak orang.

"Jangan khawatir tentang peringkat. Fokus pada berapa banyak orang yang bisa kamu bantu," tulisnya dalam sebuah postingan Twitter.

Keesokan harinya pada Selasa (11/1), Zhao mengatakan dalam tweet lain "Pendapat tidak populer: alih-alih peringkat kekayaan, harus ada peringkat upaya amal dan filantropi."

Dari kedua tweet tersebut, nampak bahwa Zhao berencana untuk bergerak di bidang filantropi. Bahkan hal ini dibenarkan oleh seorang juru bicara Binance yang mengatakan kepada CNN Business bahwa "CZ bermaksud untuk memberikan sebagian besar kekayaannya, bahkan 99% dari kekayaannya, sama seperti pengusaha dan pendiri lainnya."

(fdl/fdl)