ADVERTISEMENT

Sumber Harta Adani, Pria Putus Sekolah yang Kini Orang Terkaya di Asia

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 19:30 WIB
Gautam Adani
Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Gautam Adani sekarang menjadi orang terkaya se-Asia mengalahkan Mukesh Ambani. Namun siapa sangka, Adani hanyalah seorang anak putus sekolah.

Saat ini, kekayaan Gautam Adani ditaksir US$ 90,1 miliar atau setara Rp 1.293 triliun (kurs Rp 14.354). Selain orang terkaya di Asia, Gautam Adani juga masuk menjadi orang terkaya ke-10 di dunia. Demikian dikutip dari Forbes, Jumat (4/2/2022).

Ini merupakan capaian yang luar biasa bagi Adani yang merupakan anak putus sekolah. Sebenarnya, Adani sempat mengenyam pendidikan di Seth CN Vidyalaya, Ahmedabad meski hidup susah.

Kemudian, ia sempat mengejar gelar sarjana jurusan perdagangan di Gujarat University. Merasa akademis bukan untuknya, tahun kedua perkuliahan ia memutuskan untuk putus sekolah.

Lantas dari mana sumber kekayaan Adani?

Awalnya tidak mudah. Hanya bermodal seratus rupee, ia mengadu nasib ke Mumbai. Kala itu pekerjaan pertamanya adalah sebagai tukang sortir berlian.

Adani pun banyak belajar di sana dan memahami seluk-beluk perdagangan. Kemudian, ia mendirikan broker berlian sendiri di Zaveri Bazaar yang menjadi terobosan pertama Gautam.

Setahun sejak saat itu, kakak laki-lakinya, Mahasukh Adani, membeli sebuah unit usaha plastik. Gautam diminta untuk menjalankan usaha tersebut.

Saat inilah titik awal Adani masuk ke dunia perbisnisan. Awalnya dia mengimpor polivinil klorida, bahan baku industri utama menandai kedatangannya ke pasar perdagangan global.

Kemudian, Ia mendirikan usahanya sendiri bernama Adani Enterprises sebagai eksportir komoditas pada tahun 1988. Awalnya, perusahaan hanya fokus pada komoditas pertanian dan energi. Lalu, tahun 1991 perusahaan terus mendiversifikasi lini bisnis.

Kini bisnis pria kelahiran Gujarat, India Barat ini sudah meluas ke sektor pembangkit listrik, transmisi, minyak nabati, real estat dan batu bara.

Grup perusahaan Adani memiliki enam perusahaan terdaftar di India, yang paling berharga adalah Adani Green Energy Ltd. Tahun lalu saham perusahaan itu melonjak 77%.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT