Jangan Sampai Deh COVID-19 Meledak Lagi dan Ganggu Ekonomi, Gini Cegahnya

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Minggu, 06 Feb 2022 19:01 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Lonjakan kasus virus corona saat ini didominasi oleh Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Oleh sebab itu Satuan Tugas Penanganan COVID-19 meminta tiga daerah tersebut memperketat protokol kesehatan.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menambahkan tiga provinsi tersebut tercatat menjadi daerah penyumbang terbesar kasus COVID-19 mingguan di Indonesia.

Dalam sepekan terakhir, dari total kumulatif 14.729 kasus COVID-19, 90,04 persen di antaranya atau sebanyak 13.316 kasus disumbang dari ketiga provinsi tersebut.

Bila tak dapat perhatian serius, angka penularan COVID-19 bisa meledak lagi dan pastinya akan kembali memberi dampak terhadap perekonomian nasional.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya?

CEO Smartcolab, Sari Pramono menegaskan bahwa dengan kondisi kasus COVID-19 yang saat ini mengalami kenaikan Smartcolab mendukung Pemerintah untuk menghimbau masyarakat untuk memperketat Prokes.

"Masyarakat saat ini tidak boleh lengah, karena naiknya kasus COVID perlu prokes yang lebih ketat dan juga pencegahan dengan vaksin bosster, pengetestan COVID-19 secara rutin dan berkala dengan langkah 3T," ungkap Sari pada Senin (31/01/2022).

Sari juga menambahkan Rumah sakit saat ini sudah mulai banyak terisi kembali oleh masyarakat yang terkonfirmasi COVID-19, sehingga kapasitas di Rumah sakit pun mulai penuh terisi dan jangan sampai Rumah sakit penuh kembali degan pasien COVID-19.

"Selain itu vaksin booster, strategis yang masih ampu hingga saat ini yakni 3T, yaitu tracing (penelusuran), testing (pengujian), dan treatment (perawatan) dalam memerangi COVID-19. Smartcolab saat ini terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan dengan mempermudah melakukan test PCR atau antigen dengan melakukan pendaftaran melalui aplikasi jadi tidak perlu repot hanya tinggal datang untuk melakukan test PCR atau antigen," ujar Sari.

Sari juga menjelaskan Smartcolab hadir untuk melayani masyarakat 24jam non stop, SmartPoint, SmartDrive dan Home Care, sebagai langkah nyata dalam memerangi pandemi COVID-19. Smartcolab juga akan terus berkomitmen menjadi mitra dengan Pemerintah dalam melakukan 3T secara mudah, aman, dan terpercaya.

(dna/dna)