Investasi di Jawa Barat Tembus Rp 136 T, Nomor Satu Se-RI

ADVERTISEMENT

Investasi di Jawa Barat Tembus Rp 136 T, Nomor Satu Se-RI

Sudirman Wamad - detikFinance
Senin, 07 Feb 2022 18:16 WIB
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, resmi dikelolah PT. PPI. Hari ini sebanyak 1.200 kendaraan mobil diekspor perdana hari ini melalui Pelabuhan Patimban.
Foto: Agung Pambudhy: Pelabuhan Patimban di Subang

Kang Emil menjelaskan tentang 'resep' Jabar bisa jawara dalam realisasi investasi. Kang Emil mengaku memiliki tiga cara untuk menggaet investor.

"Jawaban kami selalu tiga, kenapa orang betah berinvestasi di Jawa Barat. Satu infrastrukturnya sangat banyak. Ada 10 jalan tol sudah konstruksi, jalur kereta api, pelabuhan, dan lain sebagainya," katanya.

Sekadar diketahui, Pemprov Jabar tengah mewacanakan pembangunan ruas jalan tol dari Patimban menuju Indramayu hingga Cirebon. Tol ini bakal diberi nama Tol Parabon. Tol ini merupakan jalan bebas hambatan yang kesepuluh di Jabar. Selain Parabon, ada juga Tol Cisumdawu yang menghubungkan Kertajati, Cigatas dari Bandung hingga Cilacap yang audah ground breaking. Kemudian ada juga Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Jakarta Cikampek (Japek) 2.

Selain infrastruktur, indeks SDM yang produktif menjadi kunci Jabar dilirik investor. Dan, yang ketiga adalah Pemprov Jabar rutin keliling memasarkan investasi.

"Itulah jawaban dari kenapa berita baik di hari ini, investasi kita juara se-Indonesia," jelas Ridwan Kamil.

Kang Emil menambah kunci lainnya adalah mempercepat perluasan kawasan industri Rebana dengan menghadirkan 13 kota baru yang berpotensi berkontribusi sebesar dua hingga tiga persen pada pertumbuhan ekonomi Jabar.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT