Nelayan Keluhkan Izin Melaut, Ganjar Langsung Telepon Trenggono

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 08 Feb 2022 21:15 WIB
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menelepon Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Pembicaraan terkait pengurusan izin melaut yang dinilai sulit oleh para nelayan di Kota Tegal.

Saat audiensi dengan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono di kantor Gubernur Jawa Tengah, Ganjar meminta agar Trenggono mengizinkan nelayan melaut setidaknya satu trip saja. Hal ini untuk mengurangi penumpukan kapal di Pelabuhan Tegal.

"Pak Menteri, ini saya lagi sama Pak Wali Kota Tegal. Itu kan ada penumpukan kapal, tapi kendalanya nelayan ngurus perizinan lama. Bisa nggak dibantu agar diberikan izin satu trip melaut sambil ngurus," kata Ganjar saat menelepon Trenggono dikutip dari Antara, Selasa (8/2/2022).

Menjawab permintaan Ganjar, Trenggono langsung sigap menyatakan siap membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi para nelayan Tegal.

"Siap Pak Ganjar, sudah kami turunkan tim di Tegal. Untuk Jawa Tengah kita bantu," ujar Trenggono disambut ucapan syukur dan kelegaan dari Forkopimda Kota Tegal yang hadir saat audiensi.

Setelah audiensi, Ganjar mengakui sering menerima laporan mengenai kendala perizinan kapal oleh para nelayan. Dirinya berharap komunikasi yang dilakukan langsung dengan Trenggono bisa membantu para nelayan agar bisa segera melaut.

"Kita minta permohonan dari teman-teman semacam diskresi lah, kemudahan menjelang Lebaran biar mereka bisa mendapatkan pemasukan. Saya sudah minta kepada Pak Trenggono tadi direspons bagus banget langsung dan sudah mengirimkan orang di sini," tuturnya.

Nelayan minta Ganjar mendata. Cek halaman berikutnya.