Danau Toba Mau Gelar Balap Perahu Internasional, Keramba Jaring Diamankan

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 09 Feb 2022 14:00 WIB
Hamparan air Danau bewarna biru menjadi pemandangan apik saat berkunjung ke Tanah Batak. Pohon pinus yang menjulang tinggi menambah segarnya udara di sekitarnya.
Danau Toba/Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo telah setuju akan gelaran olahraga internasional di Danau Toba. Adapun olahraga air yang rencananya akan diselenggarakan balapan perahu motor (powerboat race)

"Kemarin Deputi saya Pak Odo memberi kepada Presiden menghadap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengenai powerboat (di Danau Toba) ini setelah dipaparkan Presiden setuju kita buat itu jadi event internasional," kata Luhut dalam Rakernas PHRI 2022, Rabu (9/2/2022).

Luhut mengatakan, rencana ini berkaca dengan acara Motor GP di Mandalika yang menurutnya saat ini sukses diselenggarakan.

"Penyelenggaranya siapa kita, daerah lah. Jadi belajar dari pengalaman Mandalika itu kan sukses sampai hari ini. Jadi saya pikir Danau Toba kalau kita bikin powerboat juga sangat bagus," lanjutnya.

Untuk itu, Luhut mengatakan telah berkomunikasi dengan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan para Bupati mengenai acara ini dan rencana membersihkan keramba jaring di Danau Toba.

"Kita juga ingin pembersihan keramba-keramba jaring yang dijalakan di sana. Kemarin dengan Kapolda Sumur Pak Panca dan para Bupati bahwa program ini harus digalakkan tahun ini. Untuk pariwisata, Pak Sandiaga Uno juga akan ajak pasti," ujarnya.

Pernyataan itu muncul ketika Ketua BPD PHRI Sumut Denny bertanya langsung kepada Luhut mengenai perkembangan rencana gelaran formula 1 atau balapan perahu di Danau Toba.

"Saya mendengar rencana kawasan Danau Toba akan jadi Formula 1. Saya mau tanyakan apa awal yang harus kita lakukan atau bisa diskusikan bagaimana? Agar kita sama sama tahu kita juga bisa ikut membantu," ungkapnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Luhut memang telah menyampaikan bahwa telah meminta izin kepada Jokowi agar bisa menyelenggarakan gelaran olahraga internasional di Danau Toba. Hal ini disampaikan melalui Intagram resmi @luhut.pandjaitan.

Menurut Luhut Danau Toba memiliki potensi sebagai tempat penyelenggaraan acara internasional tematik. Misalnya saja gelaran olahraga berskala internasional seperti F1 H2O dan Tour de Danau Toba.

"Saya meminta izin kepada Presiden agar @kemenparekraf.ri menyelenggarakan satu major international event seperti yang sudah diselenggarakan dengan berhasil yaitu Moto GP di Mandalika," kata Luhut dalam unggahan foto terbarunya di akun Instagram @luhut.pandjaitan, dikutip Jumat (4/2/2022).

(eds/eds)