ADVERTISEMENT

Swasta Mulai Tekan Emisi hingga Penggunaan Air, Begini Caranya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 09 Feb 2022 11:56 WIB
Pecahkan Rekor, Emisi Karbon Global Turun 7 Persen di Masa Pandemi
Foto: DW (News)
Jakarta -

Pemerintah memiliki target untuk menekan emisi karbon sebesar 41% hingga 50%. Perusahaan yang berdiri di Indonesia juga berupaya untuk mewujudkan target tersebut dengan melakukan berbagai strategi.

Misalnya perusahaan melakukan berbagai program pengelolaan lingkungan seperti ketahanan air. PT HM Sampoerna Tbk mendorong pengelolaan dan penggunaan air yang adil secara sosial dan ramah lingkungan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan terkait.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna Ishak Danuningrat mengatakan praktik keberlanjutan air Sampoerna pun mendapatkan pengakuan sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang mendapatkan Sertifikat Standar tata kelola air dari Alliance for Water Stewardship, yang bertujuan untuk mendukung inisiatif para pemain industri dalam penatalayanan air di wilayah operasional.

"Kami berkomitmen untuk terus melakukan upaya kontinyu untuk memperhatikan keberlangsungan lingkungan," ujar dia, Selasa (8/2/2022).

Isu lingkungan lainnya yang tengah marak dibahas saat ini merupakan pemanfaatan energi dan pengurangan emisi karbon.

Pabrik Sampoerna di Sukorejo, Jawa Timur memiliki cara tersendiri untuk menanggulanginya, yakni melalui teknik Chiller Optimizer yang menggunakan alat otomatis yang termonitor secara online, untuk mengurangi penggunaan energi yang dihasilkan dari unit proses produksi.

Praktik ini merupakan inovasi pertama di Indonesia, yang telah berhasil menurunkan penggunaan energi di pabrik Sampoerna hingga 1.848 Gigajoule sepanjang tahun 2020.

Lebih lanjut, Sampoerna melakukan kajian LCA (lifecycle assessment) untuk mengkaji hotspot dari aktivitas proses utama dan pendukung yaitu emisi. Hal ini dilakukan untuk dapat menentukan solusi terbaik guna menurunkan emisi karbon.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT