ADVERTISEMENT

MotoGP Mandalika Digelar, UMKM Lokal Makin Bergairah

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Minggu, 13 Feb 2022 10:40 WIB
Emak-emak pedagang di Mandalika senang ramai pembeli di hari pertama tes pramusim motoGP. (Faruk/detikcom)
Foto: Emak-emak pedagang di Mandalika senang ramai pembeli di hari pertama tes pramusim motoGP. (Faruk/detikcom)
Jakarta -

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa memperoleh manfaat ekonomi dari gelaran Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Ahmad Masyhuri mengatakan pihaknya menyediakan lokasi bagi para pelaku UMKM mempromosikan produknya tidak hanya di sekitar sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, namun juga di beberapa titik di Kota Mataram.

"Kita mempersiapkan pelaku UMKM bisa berpartisipasi. Kami fasilitasi. Saat ini kami terus menggalang dan mengajak banyak pihak berkolaborasi bersama," katanya dalam keterangannya, Minggu (13/2/2022)

Lokasi-lokasi itu dikatakannya tersebar di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan luar Mandalika, seperti di areal parkir timur, parkir barat, kawasan sirkuit, areal Bazar Mandalika, Beach Park Kuta Mandalika, Bandara BIZAM, eks Bandara Selaparang, Taman Sangkareang RS Mandalika, dan Islamic Center di Kota Mataram.

Bekerja sama dengan beberapa dinas terkait, Ahmad mengungkap pemilihan lokasi dilakukan berdasarkan evaluasi dan analisa pasar usai perhelatan World Superbike (WSBK) 2021 lalu, di sirkuit yang sama. Hasil evaluasi bukan hanya menentukan lokasi, namun juga jenis produk yang menjadi favorit, dan banyak diburu konsumen.

"Ternyata kuliner menjadi favorit. Ini sudah kita petakan," katanya.

Selain kuliner, UMKM produk-produk kreatif seperti cendera mata juga menjadi yang banyak dicari. Maka itu selain kesiapan pelaku, pembenahan lokasi-lokasi tersebut dikatakan Ahmad menjadi fokus untuk dipersiapkan.

Misalnya dua titik di bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Ahmad mengatakan pihaknya telah memetakan lokasi salah satunya di pintu keluar bandara. Kemudian di pelabuhan laut baik di Lombok Barat maupun Lombok Utara.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola sirkuit Mandalika pun telah menyatakan komitmennya menyediakan tempat dan dukungan penuh terhadap UMKM untuk bisa berpartisipasi dan memperoleh manfaat dari penyelenggaraaan MotoGP Mandalika 2022.

"Selaku penyelenggara dan pengelola sirkuit dan kawasan yang ditugaskan oleh pemerintah, kami berkomitmen kerja sama dengan pihak Pemprov NTB yang tentunya sebesar mungkin maksimalkan pelibatan UMKM lokal. Tujuannya acara ini menjadi ada manfaatnya dan bisa dirasakan oleh segenap masyarakat," ujar Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo saat yang sama.'



Simak Video "Tes Pramusim MotoGP 2023 Tak Singgah ke Mandalika, Apa Sebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT