Pesan Luhut buat Masyarakat: Silakan Jalan-jalan ke Mal

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 14 Feb 2022 17:21 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan (dok. YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan (dok. YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak masyarakat agar tidak takut berlebihan atas merebaknya varian Omicron virus Corona (COVID-19).

Luhut pun menjelaskan bahwa pemerintah belum ada niatan untuk kembali memperketat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Pemerintah justru mendorong masyarakat tetap melaksanakan aktivitas.

"Kami mendorong dengan protokol kesehatan yang ketat dan sudah divaksin 2 kali, apalagi sudah booster, dengan proses yang ketat silakan saja jalan-jalan ke mana-mana, masuk ke mal segala macam, gunakan PeduliLindungi dan seterusnya, kemudian PCR sekali-sekali atau antigen untuk memeriksakan sendiri kalau ada symptom di dirinya," katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (14/2/2022).

Luhut pun menjelaskan bahwa di rumah sakit tidak ada kekhawatiran yang berlebihan, berkaca pada kondisi di Wisma Atlet dan beberapa rumah sakit lainnya. Meski demikian, mantan Menkopolhukam itu tetap meminta masyarakat untuk waspada dan berhati-hati.

"Jadi sampai hari ini kami tidak ada melihat hal-hal yang sangat serius yang perlu kita takut. Tapi kita tetap waspada, hati-hati melihat satu persatu, dan kita juga mendengarkan pendapat dari para ahli, epidemiolog maupun 5 profesi kesehatan, dan juga ketua dewan guru besar dari UI," paparnya.

Luhut menjelaskan bahwa harapannya dengan karakteristik Omicron yang berbeda dengan varian Delta, dan melihat perkembangan situasi rumah sakit yang terjaga maka pemerintah tidak akan menginjak rem terlalu dalam bagi roda ekonomi.

"Dengan tetap mengedepankan aspek kesehatan, pemerintah masih melihat adanya ruang bagi kita untuk tidak menginjak rem terhadap ekonomi terlalu dalam. Ini dilakukan semata-mata untuk terus menjaga keseimbangan sektor kesehatan dan ekonomi tetap baik," tambahnya.

Simak Video: Luhut Persilakan Masyarakat Jalan-jalan, dengan Syarat...

[Gambas:Video 20detik]




(toy/das)