Amsyong! Apple Minta Bonus Rp 1,42 T ke Tim Cook Dibatalkan

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 17 Feb 2022 13:23 WIB
BEIJING, CHINA - JANUARY 07:  Customers look at iPhones on display at an Apple Store on January 7, 2019 in Beijing, China. Apple Inc. lowered its revenue guidance last week, blaming Chinas slowing economy and weaker than expected iPhone sales, as the companys chief executive officer Tim Cook said in a letter to investors the sales problems were primarily in its Greater China region that accounts for almost 20 percent of its revenue and includes Hong Kong and Taiwan. (Photo by Kevin Frayer/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Kelompok penasihat investor Apple mendesak agar pemegang saham memberikan suara untuk menentang paket kompensasi yang diusulkan Tim Cook senilai US$ 99 juta atau setara Rp 1,42 triliun (kurs Rp 14.310). Alasannya karena keprihatinan yang sedang terjadi.

Perusahaan penasihat proxy terbesar, Institutional Shareholder Services (ISS) mengatakan kepada kliennya untuk menentang paket bonus Cook. Dalam sebuah surat dikatakan ada keprihatinan dalam penghargaan saham yang diberikan kepada Cook pada 2021 sampai yang pertama bagi CEO sejak 2011.

Dilansir dari Apple Insider, Kamis (17/2/2022), sepanjang 2021 Cook dianugerahi saham senilai US$ 82 juta. Paket pembayaran eksekutif juga mencakup US$ 630.630 untuk biaya keamanan pribadi dan US$ 712.488 untuk jet pribadi.

ISS mengatakan jumlah itu telah melebihi penghargaan yang diberikan oleh perusahaan serupa.

Di sisi lain, Dewan Direksi Apple telah merekomendasikan pemegang saham menyetujui paket kompensasi Cook. Pemegang saham umumnya mengikuti rekomendasi dewan.

ISS terakhir menentang paket kompensasi Apple pada 2015. Dengan Cook memimpin, Apple telah tumbuh signifikan dan mencapai tonggak utamanya.

Misalnya, Apple adalah perusahaan publik pertama yang mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$ 1 triliun pada 2018 dan kapitalisasi pasar US$ 2 triliun pada 2020. Apple secara singkat melampaui penilaian US$ 3 triliun pada 2022.

Rapat pemegang saham tahunan Apple sendiri akan dijadwalkan pada 4 Maret dan akan diadakan dalam format virtual.



Simak Video "Cara Pemakaian Adaptor Charger Dual Port USB-C Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)