Ridwan Kamil Beberkan Solusi Kepadatan Perkotaan, Apa Itu?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 17 Feb 2022 18:15 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri Halal bi Halal bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jabar dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar via konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (21/5/2021).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Foto: Humas Pemprov Jabar
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bicara solusi masalah perkotaan dalam diskusi Urban 20. Provinsi Jawa Barat bersama DKI Jakarta terpilih sebagai Co-Chairs pada Outreach Groups U20 Presidensi G20.

U20 merupakan pertemuan para pemerintah kota di negara anggota G20. Pertemuan ini membahas masalah perkotaan ke agenda Presidensi G20.

Dalam diskusi Urban 20 secara virtual, Kang Emil bicara solusi yang bisa ditawarkan dalam mengatasi masalah kawasan urban. Sebagai seorang yang memiliki latar belakang arsitek, persoalan ini bukanlah hal baru.

"Saya background arsitek, dosen urban planning juga. Ada ilmunya lah sedikit," kata Kang Emil, ditulis Kamis (17/2/2022).

Forum ini diharapkan menjadi ajang dalam membuat dan merumuskan kebijakan konkret bagaimana menyelesaikan persoalan kawasan urban. Hasil diskusi dan rumusan tersebut akan dibawa kepada para pimpinan negara anggota G20.

Kang Emil menjelaskan, kawasan perkotaan identik dengan kepadatan, baik karena jumlah individu hingga tempat tinggal yang saling berdekatan.

"Ini tidak ditemukan di desa. Kedekatan, kepadatan, heterogen itu ada di kota. Jadi kenapa (banyak yang) pindah ke kota? Karena peluang hidup lebih baik itu ngumpulnya di urban," katanya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Lihat juga Video: NasDem Pertimbangkan Usung Anies, RK, Ganjar Jadi Capres 2024

[Gambas:Video 20detik]