ADVERTISEMENT

7 Kebiasaan Orang Kaya, dari Elon Musk sampai Raffi Ahmad

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 18 Feb 2022 20:30 WIB
seleb
Foto: Raffi Ahmad / Hanif Hawari
Jakarta -

Orang-orang kaya di dunia tentunya melakukan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Namun, ada juga loh, kebiasaan orang-orang kaya yang mirip seperti apa yang biasa kita lakukan.

Mereka juga berkomitmen pada kebiasaannya sehari-hari, yang memungkinkan mereka bisa menjadi pebisnis hingga berhasil mencapai kesuksesan besar.

Tentu orang-orang kaya dan sukses ini melakukan rutinitasnya, yang bisa membantu kita menjadi lebih produktif sepanjang hari. Penasaran apa saja kebiasaan yang dilakukan orang-orang kaya dan sukses?

Berikut adalah beberapa kebiasaan orang-orang kaya, mulai dari Bill Gates, sampai Raffi Ahmad, yang telah dirangkum oleh detikcom:

Rajin Membaca

Bill Gates hingga Elon Musk semuanya suka membaca. Pendiri Mirosoft, Bill Gates bisa membaca sebanyak 50 buku setiap tahunya. Selain itu, CEO Tesla Elon Musk juga pernah ditanya, bagaimana ia belajar membuat roket? ia menjawab dengan mengatakan, "saya membaca".

Dikutip dari laman Project Life Mastery, salah satu orang terkaya di dunia Warren Buffett, juga suka membaca. Di usia senjanya saat ini, ia masih memiliki kebiasaan membaca 500 halaman setiap hari. Bahkan, ketika dia pertama kali memulai karir investasinya, dia bisa membaca 600 hingga 1.000 halaman/hari.

Tom Corley dalam bukunya '"Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals' melakukan penelitian dan menemukan bahwa mereka yang membaca buku, bisa menjadi cara untuk pengembangan diri dan pendidikan tentang kesuksesan.

Melatih Pikiran dan Olahraga

Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates juga gemar melatih pikiran dan tubuhnya di pagi hari.

Dikutip dari laman Times (18/02/2022), Gates bisa menghabiskan satu jam untuk treadmill melakukan latihan kardio, dengan menonton video instruksional dari Teaching Company. Hal itu dilakuknanya untuk memastikan semua bagian tubuhnya bisa terpelihara dan sehat .

Kebiasaan Bangun Pagi

Kebanyakan orang-orang kaya dan sukses, menginvestasikan waktu dan uang mereka untuk memperbaiki diri. Mereka yang bangunnya pagi, tentunya bisa melakukan rutinitas lebih produktif lagi.

Setiap harinya, mereka bisa langsung melakukan rutinitas positif. Mulai dari berolahraga, beribadah, meditasi, membaca buku, dan lain sebagainya.

Seperti contohnya seleb ternama tanah air sekelas Raffi Ahmad, juga mengaku sejak remaja selalu bangun pagi-pagi buta dan hanya tidur selama empat jam sehari. Kebiasaan itu, menjadi salah satu alasan yang membuat Bos RANS Entertainment untuk senang menghabiskan waktu untuk bekerja.

Menetapkan Tantangan

Kebiasaan orang-orang kaya yang satu ini bisa kita pelajari dari CEO Facebook (sekarang Meta), Marc Zuckerberg. Setiap tahunya, ia menerima tantangan pribadi untuk mempelajari hal-hal baru dan berkembang di luar pekerjaannya di Facebook.

Misalnya, memberikan tantangan untuk belajar bahasa Mandarin untuk dirinya dan bertemu dengan satu orang setiap hari di luar dari lingkungan kerjanya.

Memprioritaskan Sesuatu

CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett, memiliki kebiasaan yang direkomendasikan untuk semua para karyawannya, di mana mereka semua dituntut untuk menguraikan 25 tujuan teratas dalam hidup mereka, dan kemudian memilih untuk menetapkan 5 tujuan teratas.

Menurutnya, pilihan tersebut akan menjadi fokus terbesar, dan baru setelahnya untuk 20 tujuan lainnya, itulah kekuatan prioritas menurutnya.

Kebanyakan, fokus orang mudah sekali begitu teralihkan oleh 'sindrom objek menarik'' sehingga mereka tidak berusaha mencapai apa yang benar-benar mereka inginkan.

Sering Berjalan Kaki

Bagi kebanyakan orang saat ini, melakukan aktivitas dengan berjalan kaki sering dianggap melelahkan. Banyak dari mereka memilih untuk, menggunakan kendaraan baik itu milik pribadi maupun umum.

Namun tidak bagi pendiri Apple, Steve Jobs, diketahui sering sekali melakukan aktivitas berjalan kaki. Tak cuma berjalan kaki di sekitar rumah, Steve Jobs juga bisa lebih memilih untuk berjalan kaki ke banyak pertemuan penting.

Menurutnya, dengan berjalan kaki akan ada ide-ide paling kreatifnya datang saat berjalan kaki. Bahkan, dia juga sering mengadakan pertemuan dengan berjalan santai di sekitar lingkungan bersama para pekerjanya.

Aktif bergerak bisa memberi energi pada otak kita dan bisa mengurangi stres dan membantu untuk membebaskan pikiran kita melalui udara bebas dan lingkungan baru.

Menghindari Pengeluaran yang Tidak Perlu

Warren Buffett menghindari pengeluaran yang tidak, ia juga tidak terlalu peduli dengan baju rancangan desainer ternama maupun berkeinginan mempunyai merek terbaru.

Ia pernah berkata, "Jangan menabung apa yang tersisa setelah dibelanjakan, tetapi habiskan apa yang tersisa setelah menabung."

Itu tadi informasi tentang beberapa kebiasaan orang-orang kaya dan sukses.Beberapa kebiasaan orang-orang kaya di atas adalah sesuatu yang kita semua bisa lakukan juga.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT