Cara Dapat Meterai Elektronik Lengkap dengan Distributor yang Menjualnya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 20 Feb 2022 22:32 WIB
Sri Mulyani Luncurkan Meterai Elektronik
Foto: Dok. Kementerian Keuangan
Jakarta -

Adanya perkembangan ekonomi digital dan teknologi informatika yang semakin pesat, membuat pemerintah secara resmi meluncurkan Meterai elektronik atau e-meterai sejak Oktober 2021 lalu.

Melansir laman resmi e-Meterai (20/02/2022), meterai elektronik adalah salah satu jenis meterai dalam format elektronik, yang memiliki ciri khusus serta mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 86 Tahun 2021 tentang Pengadaan, Pengelolaan dan Penjualan Meterai, meterai elektronik dibuat dan didistribusikan oleh Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), sebagai badan ditugaskan pemerintah untuk mencetak meterai.

Meterai elektronik digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik. Hal ini telah tertuang melalui UU No. 11 Tahun 2008 (UU ITE) pada Pasal 5 ayat (1), menyebutkan bahwa dokumen elektronik merupakan alat bukti hukum yang sah. Sehingga, kedudukan dokumen elektronik akan disamakan dengan dokumen kertas.

Cara Mendapatkan Meterai Elektronik

Cara mendapatkan Meterai elektronik bisa melalui beberapa distributor yang telah melakukan kerja sama dengan Peruri, yaitu:

PT Peruri Digital Security (PSD) (https://e-meterai.co.id/)

PT Finnet Indonesia (https://finnet.e-meterai.co.id/)

PT Mitra Pajakku (https://e-meterai.pajakku.com/)

PT Mitracomm Ekasarana (https://mitracomm.e-meterai.co.id/)

Koperasi Pegawai Swadharma (https://swadharma.e-meterai.co.id/)

Bersambung ke halaman selanjutnya.