Konser Sepi, Agensi Band K-pop BTS Malah Cuan Rp 2,28 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 24 Feb 2022 08:10 WIB
gedung baru HYBE
Foto: Dok. Big Hit Entertainment, Soompi
Jakarta -

Agensi band K-pop BTS, HYBE Entertainment sepanjang 2021 mencatatkan keuntungan US$ 160 juta atau setara dengan Rp 2,28 triliun (asumsi kurs Rp 14.300).

Dikutip dari BBC, kenaikan laba operasional ini berasal dari konten seperti game dan komik digital. Memang selama pandemi pemasukan dari konser mengalami penyusutan.

Direktur Eksekutif Hybe Park Ji-won mengungkapkan jika saat ini perusahaan fokus pada pengembangan game dan bisnis penerbitan.

Selain itu perusahaan juga akan berinvestasi besar di industri game dan segera membuka berbagai kanal hiburan di metaverse.

Bisnis konten Hybe tercatat melonjak tajam dari 132,3 miliar won menjadi 370,4 miliar won atau setara dengan Rp 4,5 triliun (asumsi kurs Rp 11,99 per won).

Selain konten, penjualan merchandise, pemasukan iklan dan penampilan artis binaan mereka juga membuat pundi-pundi keuntungan terus membesar.

Hybe memang mendapat banyak dukungan dari para fans K-pop melalui platform Weverse yang memungkinkan para artis dan fans bisa terhubung. Di platform tersebut fans juga bisa membeli konten-konten eksklusif.

Sekarang Hybe juga sedang menggodok rencana peluncuran token atau NFT. Kemudian perusahaan juga akan meluncurkan game ponsel.

Pada 2020 BTS merupakan salah satu band yang menyumbang pendapatan terbesar untuk Hybe. Namun gara-gara pandemi, mereka terpaksa membatalkan konser di berbagai negara. Mereka langsung putar otak dan menggelar konser secara online.



Simak Video "3 Kemungkinan Penyebab BTS Hiatus, Salah Satunya Wajib Militer"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)