Sumber Harta Aksa Mahmud, Pendiri Bosowa Berharta Rp 10 Triliun

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 24 Feb 2022 11:55 WIB
Pabrik Bosowa di Banyuwangi
Bosowa/Foto: Wahyu Daniel
Jakarta -

Nama Muhammad Aksa Mahmud mungkin masih sedikit asing di telinga masyarakat. Namun sebenarnya dirinya telah lama dikenal di provinsi Sulawesi Selatan sebagai pengusaha muda dan politikus.

Ia dikenal luas sebagai pendiri Bosowa Corp yang menjadikan Aksa Mahmud menduduki peringkat ke-44 dari daftar 50 orang terkaya Indonesia. Meskipun dirinya terlempar dari daftar 50 orang terkaya pada 2020 hingga saat ini.

Berdasarkan laporan dari Forbes sebelumnya, Aksa Mahmud pernah masuk daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes tahun 2019. Saat itu kekayaannya ditaksir mencapai US$ 710 juta atau setara dengan Rp 10,1 triliun (kurs Rp 14.300/dolar AS).

Lantas dari mana sumber kekayaan dari ipar mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ini? Aksa Mahmud merupakan seorang pendiri Bosowa Corporindo. Diketahui bahwa dirinya pertama kali memulai terjun ke dunia bisnis sebagai dealer Datsun pada tahun 1970-an.

Kemudian pada dekade 1980-an Bosowa mendapatkan kepercayaan dari Mitsubishi Motors menjadi sales dan distributor mobil Mitsubishi untuk kawasan Indonesia Timur dan mengubah nama menjadi PT Bosowa Berlian Motor.

Barulah setelah itu Bosowa memasuki industri manufaktur dengan mendirikan PT Semen Bosowa Maros, serta membangun usaha distribusi, logistik dan transportasi pendukung.

Selanjutnya mereka melakukan ekspansi di berbagai bidang usaha dengan mendirikan pabrik semen di Batam, mengakuisi dan membangun beberapa ruas jalan tol di Jabodetabek dan Makassar.

Terbaru pada dekade 2010-an, barulah Bosowa melakukan diversifikasi usaha jasa keuangan dengan melakukan akuisisi Bank Bukopin dan Bank Kesawan (sekarang Bank QNB Indonesia) dan perusahaan sekuritas.

Simak juga Video: Perancang Istana Negara Baru, Tak Mau Dibayar Malah Mau Menyumbang

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)