ADVERTISEMENT

Gara-Gara Serangan Rusia, Oreo hingga Coca Cola Tutup Pabrik di Ukraina

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 25 Feb 2022 09:40 WIB
Perang! Ini Peta Invasi Rusia ke Ukraina 24 Februari 2022
Foto: Tim Infografis detikcom
Jakarta -

Akibat serangan Rusia kepada Ukraina, banyak perusahaan yang menutup rumah produksi atau pabrik. Perusahaan tersebut antara lain Mondelez, Carlsberg sampai Coca Cola

Dikutip dari CNN, Jumat (25/2/2022), para perusahaan tersebut menyampaikan kekhawatiran dan keprihatinannya atas ketegangan yang terjadi.

ArcelorMittal

Produsen baja ini menyampaikan keprihatinannya di Twitter terkait situasi di Ukraina. Mereka menyampaikan sudah memiliki rencana untuk mengamankan para pegawainya.

Saat ini perusahaan sedang mengurangi produksi ke level minimum hingga menghentikan penambangan bawah tanah.

Carlsberg

Produsen bir terbesar di Ukraina ini memiliki pangsa pasar sekitar 31%. Akibat serangan ini mereka menghentikan operasional dua pabrik di Kyiv dan Zaporizhzhya.

Juru bicara Calrsberg mengungkapkan penutupan pabrik ini dilakukan demi menjaga keselamatan para pegawainya. Perusahaan juga meminta para pegawainya untuk tetap di rumah.

Coca Cola

Produsen minuman berkarbonasi ini menutup pabrik di Ukraina dan meminta pegawainya untuk tetap berada di rumah. "Kami akan terus memantau hingga beberapa hari ke depan," ujar dia.

Mondelez

Produsen makanan ringan ini menutup pabriknya di Ukraina. CEO Mondelez Dirk Van de Put mengungkapkan dia memastikan agar pegawainya tetap aman.

Di Rusia dan Ukraina, Mondelez memproduksi biskuit Jubilee dan cokelat merek Korona. Selain itu juga biskuit Oreo, Milka sampai perment karet.

Nestle

Nestle mengumumkan untuk menutup sementara pabrik, gudang dan rantai pasok di Ukraina dan meminta pegawainya untuk tetap di rumah.

Juru bicara Nestle mengungkapkan pihaknya terus berkoordinasi dengan kolega dan memprioritaskan keamanan para pegawai.

"Kami berkomitmen terus melayani masyarakat dan sudah memiliki rencana serta memastikan pasokan produk ketika kondisi sudah lebih aman," jelas dia.



Simak Video "Dua Apartemen di Chasiv Yar Ukraina kena Rudal, 31 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT