Jual Beli Emas di Tokopedia Tumbuh 12 Kali Lipat 3 Tahun Terakhir

Dea Duta Aulia - detikFinance
Sabtu, 26 Feb 2022 11:25 WIB
Tokopedia Emas
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Minat masyarakat untuk berinvestasi melalui instrumen emas pada platform digital mengalami peningkatan. Hal itu terungkap berdasarkan data pengguna Tokopedia Emas yang mengalami pertumbuhan hampir 27 kali lipat.

"Dalam tiga tahun, transaksi jual dan beli emas lewat Tokopedia Emas bertumbuh lebih dari 12x lipat dan jumlah pengguna yang terdaftar tumbuh hampir 27x lipat," kata Senior Lead Fintech Tokopedia Ruth Afrita dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/2/2022).

Menurutnya, peningkatan tersebut tidak terlepas dari rasa aman pada instrumen investasi emas. Keamanan yang bisa dirasakan karena emas memiliki fluktuasi yang tidak seekstrem instrumen lain seperti saham.

Tokopedia juga menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga seperti Pegadaian dan Pluang dengan menyediakan kegiatan investasi emas secara elektronik. Para mitra strategis tersebut diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

"Melalui Tokopedia Emas, masyarakat bisa mulai berinvestasi emas secara aman, mudah, dan terjangkau," kata Ruth.

Selain aman, Ruth mengatakan salah satu faktor penyebab pengguna Tokopedia Emas tumbuh signifikan karena fitur tersebut memberikan kemudahan dan terjangkau.

"Mudah, karena hanya melalui aplikasi kita bisa menabung emas secara online, bebas jual-beli tanpa perlu ke toko emas. Juga leluasa mengecek harga emas sehingga mengetahui setiap perubahan harga emas setiap harinya," katanya.

Ia mengatakan, fitur tersebut dinilai terjangkau karena siapa pun bisa membeli emas mulai dari Rp 5.000 saja. Saat ini masyarakat bisa 'nabung emas langsung untung' dan mendapatkan cashback hingga Rp150 ribu dengan memanfaatkan kode promo NABUNGEMAS untuk Tokopedia Emas by Pluang.

"Dengan kemudahan ini, banyak masyarakat Indonesia yang menjadi investor pertama kalinya di dalam hidup mereka dengan harga terjangkau. Kami juga terus melakukan edukasi ke sebanyak-banyaknya masyarakat demi meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia dalam berinvestasi," katanya.

Ruth menjelaskan, cara menabung emas di Tokopedia tergolong cukup mudah untuk dilakukan. Para pengguna Tokopedia hanya perlu ketik 'Emas' di kolom pencarian, pilih menu Beli Emas, masukan nominal rupiah, dan lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih.

"Kami harap melalui Tokopedia Emas, bisa lahir jutaan investor baru di Indonesia sehingga selain sejalan dengan target investor dari pemerintah, Tokopedia juga dapat mendukung terwujudnya inklusi keuangan dan pemerataan ekonomi secara digital," pungkasnya.



Simak Video "Era Omicron Tiba, Saatnya Invest Emas Lagi ?"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ara)