ADVERTISEMENT

Ajak Anak Muda Jadi Pengusaha, Bahlil: Izinnya Makin Gampang!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 28 Feb 2022 21:07 WIB
Bahlil Lahadalia
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim saat ini izin usaha makin mudah untuk dibuat. Maka dari itu, dia pun meminta anak-anak muda untuk terjun jadi pengusaha.

"Kami sampaikan kepada teman-teman ini anak muda, ayo jadi pengusaha. Izinnya saat ini makin gampang," kata Bahlil dalam webinar Forum Ekonomi Merdeka 2022, Senin (28/2/2022).

Bahlil memamerkan saat ini untuk urus perizinan berusaha sudah ada sistem online single submission alias OSS. Dia menjamin proses ini tidak lagi memungut biaya, apalagi pungli.

"Sekarang ini sudah ada OSS, gratis tanpa pungut biaya ini itu," ujar Bahlil.

Dia juga menjamin percepatan penerbitan izin usaha makin bisa diukur saat ini, dan waktunya singkat. Menurutnya, urus perizinan usaha saat ini tidak lagi membutuhkan waktu lama seperti zaman dahulu.

"Percepatan perizinan ini sudah bisa terukur. Ini lebih cepat dibandingkan dengan proses perizinan zaman dulu," tegas Bahlil.

Bukan cuma jadi pengusaha, Bahlil juga mengajak anak muda lainnya yang sudah jadi pengusaha untuk melakukan investasi lebih banyak pada proyek-proyek yang ada di tanah air.

Dia mengatakan kalau bisa investasi disuntikkan di sektor pariwisata. Pasalnya, sektor ini telah dihantam habis-habisan oleh pandemi COVID-19. Di sisi lain, sektor yang satu ini juga menciptakan daya ungkit yang besar, salah satunya adalah penciptaan lapangan kerja yang besar.

Bahlil mengatakan saat ini pemerintah akan menyiapkan segudang insentif untuk sektor pariwisata. Dengan begitu, investor tidak ragu-ragu lagi untuk menyuntikkan uangnya ke sektor pariwisata nasional yang sedang bangkit secara perlahan.

"Kami akan dorong insentif lebih untuk menggairahkan sektor pariwisata, seperti tax allowance, bea masuk, maupun insentif lainnya. Kami mau kompetitif dan tarik minat investor," ungkap Bahlil.



Simak Video "Jokowi Tunjuk-tunjuk Bahlil di Depan CEO Jepang, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT