Mimpi Jokowi 2 Juta Kendaraan Listrik Mengaspal di RI 2025

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 22 Feb 2022 17:45 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di acara peresmian NasDem Tower
Presiden Joko Widodo/Foto: Tangkapan layar
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpikan akan ada 2 juta kendaraan listrik yang berseliweran di Indonesia pada 2025 mendatang. Hal itu disampaikannya saat meluncurkan uji coba ekosistem kendaraan listrik.

"Kita targetkan nanti di 2025, 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan oleh masyarakat kita di Indonesia," katanya yang disiarkan secara virtual, Selasa (22/2/2022).

Pada kegiatan tersebut Jokowi juga menyaksikan proses isi ulang baterai motor listrik oleh pengemudi ojek online, bertempat di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan. Jokowi didampingi oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati yang turut memberikan penjelasan.

Menurutnya proses penggantian baterai motor listrik memakan waktu sebentar dan prosesnya juga mudah, tinggal memasukkan baterai kosong ke charging station, kemudian baterai baru dengan daya penuh akan otomatis keluar.

"Saya kira proses manajemen seperti ini yang diinginkan oleh pemakai-pemakai kendaraan dan itu akan menarik minat semua orang untuk masuk kepada kendaraan listrik, karena lebih murah dan yang paling penting tidak menimbulkan polusi," tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin tasrif, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Hadir pula Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), CEO Electrum Pandu Sjahrir, CEO Gojek Kevin Aluwi, CEO GoTo Andre Soelistyo, dan Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) Gesits M. Samyarto.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, uji coba ekosistem kendaraan listrik pada sore hari ini saya nyatakan diluncurkan," tambah Jokowi.



Simak Video "Manis tapi Garang! Ini Wujud Mobil Listrik Rp 200 Jutaan dari Mitsubishi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)