ADVERTISEMENT

Mau Kaya Raya? Intip Nih 10 Bisnis yang Dijalani Miliarder Dunia

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 01 Mar 2022 13:27 WIB
Ilustrasi Bisnis Online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Di seluruh dunia, terdapat banyak sekali sektor bisnis yang dapat digeluti oleh para pengusaha. Namun di antaranya terdapat sederet bisnis pencetak orang terkaya yang telah berhasil mengantarkan pelakunya menjadi miliarder dunia.

Sektor-sektor bisnis ini telah terbukti mengantarkan para pelakunya menjadi crazy rich atau orang-orang paling kaya di negaranya bahkan ada yang sampai di dunia.

Sedikitnya ada sebanyak 2.755 miliarder dunia menjalankan variasi bisni ini dan membuat mereka berhasil menjadi orang dengan total kekayaan yang luar biasa.

Melansir dari Forbes, berikut 10 industri teratas di mana miliarder menghasilkan kekayaan mereka:

1. Keuangan & Investasi

Jumlah Miliarder: 371 orang (13% dari daftar bilionair Forbes)

Orang Terkaya: Warren Buffett ($96 miliar), ketua dan CEO Berkshire Hathaway, yang memiliki saham di lebih dari 60 perusahaan, termasuk Duracell dan Dairy Queen.

2. Teknologi

Jumlah Miliarder: 365 orang (13% dari daftar bilionair Forbes)

Orang Terkaya: Jeff Bezos ($ 177 miliar), pendiri raksasa e-commerce Amazon. Orang terkaya di dunia juga memiliki Washington Post dan perusahaan luar angkasa Blue Origin.

3. Manufaktur

Jumlah Miliarder: 331 orang (12% dari daftar bilionair Forbes)

Orang Terkaya: He Xiangjian ($35 miliar), pendiri pembuat peralatan Midea Group. Perusahaan ini memiliki lebih dari 200 anak perusahaan dan perdagangan di bursa saham Shenzhen.

4. Mode & Ritel

Jumlah Miliarder: 273 orang (10% dari daftar bilionair Forbes)
Orang Terkaya: Bernard Arnault ($150 miliar), ketua dan CEO LVMH. Dia mengawasi lebih dari 70 merek, termasuk Louis Vuitton, Tiffany & Co. dan Sephora.

5. Kesehatan

Jumlah Miliarder: 221 orang (8% dari daftar bilionair Forbes)

Orang Terkaya: Jiang Rensheng & keluarga ($24,4 miliar), ketua perusahaan vaksin Chongqing ZFSW Biological Products, yang dikenal sebagai Zhifei. Perusahaan sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin tuberkulosis sendiri.

6. Makanan & Minuman

Jumlah Miliarder: 219 orang (8% dari daftar bilionair Forbes)

Orang Terkaya: Zhong Shanshan ($68,9 miliar), ketua perusahaan air minum dalam kemasan Nongfu Spring. Dia juga mengendalikan Farmasi Biologi Beijing Wantai yang terdaftar secara publik.

7. Perumahan

Jumlah Miliarder: 215 orang (8% dari daftar bilionair Forbes)

Orang Terkaya: Lee Shau Kee ($31,7 miliar), salah satu pendiri pengembang properti Sun Hung Kai. Sebelum itu, ia memulai Henderson Land Development pada tahun 1976, yang merupakan mayoritas kekayaannya.

8. Diversifikasi

Jumlah Miliarder: 188 orang (7% dari daftar bilionair Forbes)

Orang terkaya: Mukesh Ambani ($84,5 miliar), ketua Reliance Industries. Perusahaan ini memegang kepentingan di petrokimia, minyak dan gas, ritel dan telekomunikasi.

9. Energi

Jumlah Miliarder: 100 orang (4% dari daftar bilionair Forbes)

Orang Terkaya: Robin Zeng ($28,4 miliar), pendiri dan ketua pemasok baterai kendaraan listrik terkemuka, Contemporary Amperex Technology (CATL). BMW, Volkswagen dan Geely adalah salah satu klien perusahaan.

10. Media & Hiburan

Jumlah Miliarder: 95 orang (3% dari daftar bilionair Forbes)

Orang Terkaya: Michael Bloomberg ($59 miliar), salah satu pendiri informasi keuangan dan perusahaan media Bloomberg LP. Dia menghabiskan hampir $ 1 miliar dari kekayaan pribadinya untuk pemilihan presiden yang gagal pada tahun 2020.

Simak juga Video: Saham Mark Zuckerberg Merosot, Kini Tak Masuk Daftar 10 Orang Terkaya

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT