Buntut Perang, Miliarder Rusia Panik Pindahkan Kapal Pesiar Mewah

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 04 Mar 2022 07:15 WIB
The Dilbar, a luxury yacht owned by Russian billionaire Alisher Usmanov, sails in the Bosphorus in Istanbul, Turkey May 29, 2019. Picture taken May 29, 2019. REUTERS/Yoruk Isik
Ilustrasi/Foto: REUTERS/YORUK ISIK
Jakarta -

Kapal pesiar mewah atau Superyacht milik para miliarder Rusia yang memiliki hubungan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, kini sedang ramai-ramai bergerak meninggalkan Rusia.

Kapal pesiar mewah milik oligarki Rusia telah mencapai Samudra Hindia, dengan berlayar di sekitar Maladewa dan Seychelles. Pemindahan kapal pesiar mewah milik miliarder Rusia itu dilakukan tepat ketika adanya sanksi-sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS), Uni Eropa (UE), dan beberapa negara lainnya setelah invasi Rusia ke Ukraina 24 Februari 2022 lalu.

Dilansir dari Reuters (3/3/2022), setidaknya sudah ada lima kapal pesiar mewah milik miliarder Rusia yang berlabuh atau berlayar pada Rabu (2/3) di Maladewa, negara kepulauan di Samudra Hindia yang tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Amerika Serikat. Jumlah tersebut diperkirakan akan semakin banyak.

Berikut adalah 7 Miliarder Rusia yang Panik hingga memindahkan kapal pesiar mewah mereka:

Alisher Usmanov

Jerman telah menyita kapal pesiar mewah jenis Dilbar milik Alisher Usmanov di galangan kapal Hamburg. Kapal pesiar jenis Dilbar milik Usmanov itu diperkirakan memiliki tinggi 512 kaki dengan harga U$ 600 juta atau setara Rp 8,58 miliar.

Usmanov adalah salah satu miliarder Rusia masuk dalam daftar yang akan menghadapi sanksi dari Uni Eropa (UE) pada Senin mendatang.

Oleg Deripaska

Berdasarkan database pengiriman MarineTraffic, kapal pesiar mewah jenis Clio setinggi setinggi 238 kaki milik Oleg Deripaska juga sudah berlabuh di ibu kota Male pada hari Rabu (3/3). Deripaska adalah sosok pendiri raksasa aluminium Rusal, yang disetujui oleh Amerika Serikat pada 2018,

Vladimir Potanin

Kapal pesiar mewah jenis Nirvana setinggi 88 meter (288 kaki) milik Vladimir Potanin, juga terlihat berlayar di perairan Maladewa.

Lihat Video: Gedung Teater Tua di Lviv Jadi Pusat Pengungsian Warga Ukraina

[Gambas:Video 20detik]