ADVERTISEMENT

Bank Dunia Setop Beri Pinjaman Buat Rusia

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 03 Mar 2022 14:05 WIB
Dampak sanksi ekonomi terhadap Rusia imbas invasi ke Ukraina mulai terasa. Warga Rusia ramai-ramai datangi ATM hingga bank untuk tarik uang sebanyak-banyaknya.
Ilustrasi/Foto: AP Photo
Jakarta -

Bank Dunia (World Bank) menghentikan semua program di Rusia dan Belarusia. Keputusan itu diambil imbas invasi Rusia ke Ukraina.

"Menyusul invasi Rusia ke Ukraina dan permusuhan terhadap rakyat Ukraina, Bank Dunia telah menghentikan semua programnya di Rusia dan Belarusia," demikian pernyataan resminya dikutip detikcom, Kamis (3/3/2022).

Bank Dunia mengungkap bahwa pihaknya tidak menyetujui pinjaman atau investasi baru di Rusia sejak 2014, ketika Rusia mengambil wilayah Crimea di Ukraina.

Tak hanya itu, Bank Dunia juga belum menyetujui pinjaman baru ke Belarus sejak pertengahan 2020, ketika Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi pada negara itu atas pemilihan presiden yang disengketakan.

"Grup Bank Dunia belum menyetujui pinjaman atau investasi baru di Rusia sejak 2014. Juga tidak ada pinjaman baru yang disetujui ke Belarusia sejak pertengahan 2020," tuturnya.

Komitmen pinjaman mereka ke Belarusia mencapai US$ 308 juta pada 2020, dengan proyek aktif termasuk proyek pemanas biomassa, program pengembangan kehutanan dan modernisasi pendidikan.

Bank Dunia telah meminjamkan lebih dari US$ 16 miliar ke Rusia sejak awal 1990-an. Proyek terbaru yang disetujui termasuk program pemuda di Kaukasus Utara pada 2013 dan program warisan budaya sejak 2010.

Keputusan untuk menghentikan semua program di Rusia dan Belarusia datang sehari setelah para pemimpin Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) berkomitmen memberikan miliaran dolar dana tambahan ke Ukraina sampai beberapa bulan mendatang.

Simak Video 'Respons Netflix hingga Festival Film Cannes Terhadap Invasi Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT