5 Merek Lokal yang Nggak Perlu Dompleng Acara Fashion buat Mendunia

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 08 Mar 2022 19:15 WIB
10 Indomie Rasa Nusantara Ini Enaknya Tiada Dua, Mana Favoritmu?
Foto: Twitter @txtracunbelanja
Jakarta -

Sejumlah produk asal Indonesia tengah menjadi sorotan. Sebab, dalam promosinya membawa-bawa event Paris Fashion Week.

Terlepas dari itu, Indonesia sendiri punya produk lokal yang telah mendunia. Berikut produk-produk tersebut:

1. Indomie

Dikutip dalam laman resminya, Indomie diproduksi oleh Indofood yang merupakan pelopor mi instan Indonesia dan salah satu produsen mi instan terbesar di dunia. Indomie tersedia dengan beragam rasa.

Indomie tersedia di lebih dari 100 negara di seluruh dunia seperti Australia, Selandia Baru, AS, Kanada, di seluruh Asia, Afrika, Eropa, dan negara-negara Timur Tengah. Dengan kapasitas produksi tahunan 19 miliar bungkus, tak heran jika Indomie mendunia.

2. J.CO

J.CO kerap kali terlihat di pusat perbelanjaan. Banyak orang mengira produk ini berasal dari luar namun ternyata salah.

J.CO berdiri di bawah Johnny Andrean Group. Gerai pertama J.CO dibuka pada Mei 2006 lalu. Kemudian tahun 2007 J.CO membuka gerai pertama di Malaysia. Pada 2008 di Singapura, 2012 di Filipina, 2016 di Hong Kong dan 2018 di Arab Saudi.

3. Terry Palmer

Terry Palmer adalah merek handuk yang terkenal di Indonesia. Produsennya adalah PT Indah Jaya. Menariknya, Palmer merupakan singkatan dari Pal Merah yang merupakan lokasi pabrik produk ini pertama kali berdiri.

Perusahaan ini berdiri pada 1962 dan memproduksi handuk untuk pasar lokal. Dikutip dari indahjayatextiles.com Indah Jaya mulai mengekspor produk ke Eropa pada 1988.

Pada 1992, perusahaan membuka pabrik di Tangerang. Pada tahun yang sama Indah Jaya juga melakukan ekspor ke Jepang.

4. The Executive

Untuk pria dan wanita karir pasti tak asing dengan merek The Executive. Ternyata merek fashion ini merupakan asli Indonesia.

Dikutip dari laman resmi theexecutive.co.id disebutkan pada 1984 perusahaan mengambil alih Executive 99 dan menjadi bagian Delamibrands group. Saat ini ada 60 toko dan lebih dari 100 counter di department store.

5. Tolak Angin

Siapa tak kenal Tolak Angin. Produk ini telah menjadi andalan bagi banyak orang untuk mengusir masuk angin.

Tolak Angin merupakan herbal terstandar untuk masuk angin yang diformulasikan tahun 1930. Bahan-bahannya antara lain seperti jahe, daun mint, adas, kayu ules, daun cengkeh dan madu. Telah lulus uji pra klinik, terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

Tolak Angin juga telah mendunia. Produk ini telah diekspor ke beberapa negara seperti Filipina dan Arab Saudi.

(dna/dna)