ADVERTISEMENT

Intern Adalah: Pengertian dan Manfaatnya untuk Karir

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 09 Mar 2022 18:30 WIB
Frustrated intern trying to work on line with a laptop in a difficult assignment in a desktop with an office background
Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Magang atau intern adalah periode pengalaman kerja yang ditawarkan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Nah bagi kamu mahasiswa atau pelajar sekolah menengah atas, mungkin sudah akrab dengan istilah kerja magang atau internship ini.

Namun tahu kah kamu pengertian dan manfaat magang atau intern untuk karirmu? Untuk penjelasan lebih dalam, melansir dari situs lifepal.co.id, berikut pengertian serta manfaat menjalani internship.

Apa itu magang?

Secara umum magang atau intern adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi dari dunia pendidikan ke dunia kerja secara di mana pemagang bisa memahami sistem kerja dunia profesional yang sebenarnya.

Bagi pelajar SMK mungkin sudah umum dengan yang namanya internship atau istilahnya Praktek Kerja Lapangan (PKL). Pemagangan ini juga cukup umum dilakukan oleh para mahasiswa apalagi beberapa perguruan tinggi mewajibkan dan menganjurkannya agar mahasiswa lebih kompeten saat masuk dunia kerja.

Menurut undang-undang, magang adalah bagian dari salah satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan. Adapun dasar hukum yang mengatur tentang magang adalah Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 21 - 30.

Selain itu, ketentuan mengenai magang juga diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 yang juga membahas pemagangan ini secara spesifik di dalam negeri.

Manfaat dan tujuan magang

Internship atau praktik kerja magang mempunyai tujuan utama yaitu sebagai ajang untuk mempersiapkan para pelajar/mahasiswa untuk masuk dunia kerja dan berkontribusi memberikan keterampilan yang dibutuhkan di perusahaan nantinya.

Meski demikian, terdapat banyak manfaat yang didapatkan dari program magang atau internship seperti:

1. Membuka wawasan dan memperluas kompetensi

Bagi pelajar atau mahasiswa, program magang kerja bisa diibaratkan sebagai gerbang awal untuk mengenal dunia kerja yang sesungguhnya. Alhasil, pemagang tidak akan kaget ketika sudah lulus masuk dunia pekerjaan.

Banyak wawasan yang akan didapatkan bagi kamu yang mungkin akan melakukan magang kuliah. Kamu akan terbiasa dengan sistem pembagian tugas pada tiap-tiap divisi di sebuah perusahaan dan dilibatkan dalam sebuah proyek.

2. Memperluas relasi

Relasi mempunyai peran penting dalam dunia kerja. Ketika kamu mengikuti program internship, niscaya kamu akan ketemu orang-orang baru dari latar belakang yang beragam. Dari situ, kamu bisa mempererat hubungan dengan mereka secara profesional.

Selain hubungan personal, program magang juga akan memperluas relasi kampus atau sekolah kamu dengan perusahaan.

3. Mengembangkan keterampilan

Saat melakukan internship, kamu akan diberikan beberapa tugas sesuai dengan divisi dan posisi oleh perusahaan. Tugas tersebut tentunya membutuhkan keterampilan praktis dan khusus dalam pengerjaannya.

Gunakanlah kesempatan ini untuk belajar dari banyak tugas yang diberikan untuk menambah keahlian baru, atau mengasah skill kamu yang sudah ada menjadi lebih efektif. Alhasil, nantinya skill tersebut bisa langsung diterapkan saat memasuki dunia kerja.

4. Memberi nilai lebih

Pengalaman magang bisa kamu masukkan dalam curriculum vitae alias CV. Di mata HR, pengalaman internship tersebut membuat kamu memiliki nilai lebih dari pada pelamar lain mengingat pengalaman kerja adalah pertimbangan penting bagi perusahaan.

Jika sudah punya tempat di hati HR, maka jalan diterima akan semakin lebar. Jangan lupa pelajari pertanyaan interview user.

5. Membuka peluang pekerjaan

Selama menjalani pemagangan, jika kamu bisa bekerja secara profesional dan mempunyai kepribadian bagus, besar peluangnya bagi kamu untuk diangkat menjadi karyawan saat perusahaan tersebut membuka lowongan.

Contohnya, jika kamu mahasiswa administrasi bisnis dan mengikuti magang sesuai jurusan, maka kamu akan dibukakan informasi tentang prospek kerja administrasi bisnis. Bisa jadi nantinya kamu malah bisa mendapat pekerjaan di tempat kamu magang sebelumnya.

Demikian informasi terkait praktik kerja magang atau intern adalah. Semoga bermanfaat ya detikers!

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT