ADVERTISEMENT

Ini Daftar Konglomerat Indonesia, yang Sumber Hartanya dari Minyak Goreng

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 13 Mar 2022 21:00 WIB
Podcast: Minyak Goreng Ada di Mana?
Foto: Tim Infografis/Fauzan Kamil
Jakarta -

Kelangkaan minyak goreng hingga saat ini masih menjadi masalah di Indonesia. Harganya juga naik signifikan seiring dengan naiknya harga Crude palm oil (CPO) sejak akhir tahun lalu.

Dalam operasi pasar, masyarakat dapat membeli minyak goreng dengan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET), untuk minyak goreng kemasan premium Rp 14.000 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500 per liter, dan minyak curah Rp11.500 per liter.

Namun, sejumlah pedagang di marketplace menawarkan minyak goreng kemasan premium ukuran satu liter dengan harga Rp 20 ribu yang jauh dari harga HET.

Terlepas dari masalah tersebut, tak heran jika kekayaan para pengusaha minyak kelapa sawit sebagai produsen minyak goreng mendapatkan pendapatan yang fantastis. Mereka juga bisa masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Siapa saja mereka?

Berikut adalah daftar konglomerat Indonesia yang makin jadi kaya raya dari usaha minyak goreng:

1. Widjaja

Keluarga Widjaja adalah pemilik Sinar Mas Group. Pendiri Sinar Mas Group adalah mendiang Eka Tjipta Widjaja.

Keluarga konglomerat Sinar Mas itu masuk di urutan ke-2 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2021, dengan total kekayaan bersih US$ 9,7 miliar atau setara lebih dari Rp 134 triliun. Produk minyak goreng terkenalnya adalah merek Filma, Mitra, Kunci Mas, dan Palmvita.

2. Backtiar Karim

Keluarga Karim adalah pemilik Musim Mas Group yang merupakan salah satu perusahaan minyak sawit global terkemuka, dengan kantor pusat di Singapura yang beroperasional di 13 negara.

Keluarga Konglomerat Karim membuka perusahaan kilang minyak sawit pertama di Indonesia, pada tahun 1970. Produk minyak goreng yang paling terkenal di pasaran dari perusahaan Musim Mas Group adalah merek Sunco, Margareta, Surya Gold, dan Rajni Gold.

Melansir laman Forbes (13/3/2022), Keluarga Bachtiar Karim masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan menduduki urutan ke-10 tahun 2021. Total kekayaan bersih Keluarga Bachtiar Karim mencapai US$ 3,5 miliar atau setara lebih dari Rp 49 triliun (kurs Rp 14.300).

Siapa lagi sosok alinnya? Buka halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT