Profil dan Kekayaan Mohamed Alkhereiji, Calon Kuat Pemilik Baru Chelsea

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 15 Mar 2022 12:50 WIB
LONDON, ENGLAND - MARCH 13: A detailed view of a sign notifying fans the Chelsea FC club shop is closed prior to the Premier League match between Chelsea and Newcastle United at Stamford Bridge on March 13, 2022 in London, England. (Photo by Justin Setterfield/Getty Images)
Mohamed Al-Khereiji Calon Kuat Pemilik Chelsea/Foto: Getty Images/Justin Setterfield
Jakarta -

Klub sepakbola Chelsea sekarang ini sudah punya kandidat kuat yang siap menggantikan Roman Abramovich. Kabarnya calon bos baru The Blues asal Arab Saudi bernama Mohamed Al-Khereiji siap membayar Rp 50,4 triliun untuk menebus klub tersebut.

Sebagai informasi, klub sepakbola Chelsea memang dinilai harus segera dijual oleh Abramovich setelah invasi Rusia ke Ukraina beberapa pekan lalu. Hal ini dilakukan agar The Blues tidak terbawa konflik panas Rusia dan negara-negara rivalnya.

Sayangnya, proses penjualan klub bisa saja terhambar karena Abramovich lagi disanksi pemerintah Inggris sehingga asetnya dibekukan, termasuk Chelsea. Bahkan Chelsea akan kesulitan membayar gaji pemain dan pelatih serta operasional lainnya karena rekeningnya ikut dibekukan. Dengan demikian, Abramovich tidak bisa melakukan penjualan klub secara langsung dan Pemerintah Inggris akan mengambil alih.

Meski demikian hingga saat ini memang sudah ada beberapa calon pembeli yang tertarik membeli Chelsea. Di antara mereka, terdapat orang kaya asal Arab Saudi Mohamed Al-Khereiji yang berhasil menjadi salah seorang kandidat terkuat yang dapat menjadi pemilik baru The Blues.

Al-khereiji pun dikatakan telah siap untuk membeli Chelsea dari Abramovich dengan nilai £ 2,7 miliar atau sekitar Rp 50,4 triliun (kurs Rp 18.700/pounds). Harga itu hanya berselisih tipis dari angka yang diminta Abramovich di awal, yakni Rp 57,6 triliun.

Dengan kondisi saat ini, peluang Al-Khereiji membeli Chelsea terbuka lebar ditambah Abramovich sudah ditendang dari jajaran manajemen klub oleh Premier League. Lantas siapa sih sebenarnya Mohamed Al-Khereiji ini?

Melansir dari situs berita 90min, Al-Khereiji merupakan pebisnis Saudi yang menjalankan Saudi Media Group. Dia juga CEO dari perusahaan induk Engineer Holding Group, yang didirikan oleh ayahnya, Abdulelah Al-Khereiji.

Dia sebelumnya belajar di Inggris di Cass Business School dan menghabiskan tiga tahun bekerja untuk Deutsche Bank.

Sedangkan kekayaan bersih Saudi Media Group sendiri sulit untuk diketahui secara komprehensif. Hal ini dikarenakan Saudi Media Group sendiri adalah grup media terbesar di Timur Tengah dan juga memiliki berbagai anak usaha dalam bidang periklanan, perhotelan, sektor perbankan, dan olahraga.

Mereka diperkirakan menghasilkan setidaknya £ 770 juta atau sekitar Rp 14,3 triliun setahun. Sedangkan menurut outlet berita lain angkanya mencapai £ 1 miliar atau sekitar Rp 18,7 triliun per tahun. Selain itu perusahaan miliknya ini kemungkinan akan bergabung dengan pihak swasta lainnya sebagai bagian dari konsorsium yang lebih besar.

Sedangkan menurut laman berita The Sports Grail, kekayaan bersih Kepala Media Saudi Mohamed Al-Khereiji ini diperkirakan mencapai US$ 2,7 miliar (Rp 38,6 triliun) dan dia dianggap sebagai salah satu orang Arab Terkaya di dunia.

Lihat juga Video: Tuchel Takkan Tinggalkan Chelsea Usai Abramovich Disanksi

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)