ADVERTISEMENT

Siap-siap! Starbucks Bakal Hilangkan Gelas Sekali Pakai

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 16 Mar 2022 08:57 WIB
Logo Starbucks
Starbucks/Foto: Ari Saputra

Meskipun tidak serta merta gelas kertas dan plastik tidak ada. Menurut Kobori, rencana perusahaan ini diakui tidak akan mudah dilakukan karena sebagian besar pelanggan Starbucks terbiasa dengan tempat minum sekali pakai.

Selain itu, untuk menghapus produk sekali pakai, Starbucks sedang mempertimbangkan program peminjaman cangkir. Di mana pelanggan membayar deposit untuk cangkir dan nanti dikembalikan setelah digunakan.

VP Product Experience Starbucks Amelia Landers berharap model ini akan lebih selaras dengan pelanggan dibandingkan dengan upaya keberlanjutan lainnya.

"Saya pikir itu akan memimpin Kami sedang menguji sejumlah program (pinjam gelas) yang berbeda di seluruh dunia, 20 iterasi yang berbeda dan di delapan pasar yang berbeda," katanya.

Rencana peminjaman mug di Starbucks pernah diuji di Seattle tahun lalu. Pelanggan membayar deposit US$ 1, dan harus mengembalikan cangkir ke tempat sampah pintar yang terletak di toko untuk mendapatkan uangnya kembali. Pelanggan juga mendapatkan hadiah karena menggunakan cangkir.

Starbucks menjalankan program percontohan serupa di Jepang, Singapura, dan Inggris. Program tersebut masih dalam tahap uji coba, sehingga perusahaan ingin mendorong penggunaan reusable mug dengan cara lain.


(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT