Alamak! Harga Cabai Merah di Sini Tembus Rp 100 Ribu/Kg

Ferdi Almunanda - detikFinance
Kamis, 17 Mar 2022 12:21 WIB
Harga cabai kriting dan rawit merah naik jadi Rp 50 ribu-Rp 70 ribu per kilogram di Pasar Jombang, Tangsel. Naiknya harga karena berkurangnya suplai dari daerah
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jambi -

Sejumlah harga sembako mulai naik di pasar induk modern Angso Duo Jambi. Kenaikan harga itu disebut pedagang lantaran menjelang memasuki bulan Ramadhan.

Kenaikan harga itu terpantau sejak hari ini. Beberapa jenis sembako ada yang naik drastis ada pula yang masih di harga standar.

Contoh harga sembako yang merangkak naik drastis itu yakni cabai merah. Harga cabai merah di pasar induk Jambi tembus Rp 100 ribu hingga Rp 110 ribu per kg.

Melonjaknya harga cabai merah itu disebut pedagang sejak hari ini dan diperkirakan akan menaik drastis beberapa hari menjelang masuknya Ramadhan.

"Kalau sekarang harga cabai itu yang paling naik harganya, kalau subuh tadi masih Rp 85 ribu dan ada juga Rp 90 ribu perkilonya. Tapi kalau siang ini sudah naik lagi, rata-rata sudah Rp 100 ribu," kata pedagang sembako ibu Devi kepada detikcom, Kamis (17/3/2022).

Kenaikan harga sembako yang melonjak drastis itu bukan hanya cabai merah, bawang merah dan bawang putih juga naik. Namun, kenaikan bawang merah dan bawang putih itu tidak begitu tinggi hanya terbilang Rp 2.000 sampai Rp 4.000.

Kenaikan cabai merah itu juga dikeluhkan oleh warga. Warga yang berupaya memenuhi kebutuhan sembako mereka mengaku sulit untuk membeli cabai merah yang merangkak naik itu.

Warga juga mengaku harga cabai itu berbeda-beda di jual oleh pedagang. Ada pedagang di pasar menjual Rp 100 ribu dan ada pula yang menjual Rp 110 ribu perkilonya," kata warga Jambi, Cerry.

Cerry yang juga merupakan ibu Rumah Tangga itu, saat ini juga mencoba mensiasati untuk dapat memenuhi kebutuhan sembakonya. Ia juga harus mengurangi pembelian cabai merah itu lantaran harga yang melonjak tinggi.

"Sekarang caranya kurangi stok belinya aja lah lagi. Kalau awalnya bisa beli setengah kilo, sekarang belinya lebih dikit lagi, karena harganya mahal sekali," ucap Cerry.

Saat ini, dari harga sembako di lapangan berdasarkan penelusuran detikcom di pasar Modern Angso Duo Jambi tercatat untuk bawang merah harganyanya Rp 32 ribu perkilo, kemudian bawang merah jawa diangka Rp 34 ribu perkilo.

Selanjutnya, harga bawang putih Rp 26 ribu perkilo, sedangkan cabai rawit Rp 36 ribu perkilo. Sementara Tomat merah Rp 9 ribu perkilo lalu timun diangka Rp 10 ribu perkilonya, sementara harga daging ayam potong masih standar yakni Rp 30 ribu.



Simak Video "Harga Cabai Rawit di Bandung Tembus RP 70 Ribu Per Kg!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)