Harga Cabai Rawit-Bawang Naik, Pedagang Ngeluh Penjualan Merosot

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 15 Mar 2022 14:06 WIB
Harga cabai kriting dan rawit merah naik jadi Rp 50 ribu-Rp 70 ribu per kilogram di Pasar Jombang, Tangsel. Naiknya harga karena berkurangnya suplai dari daerah
Ilustrasi/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Tangerang Selatan -

Menjelang bulan suci Ramadhan sejumlah harga pangan mengalami kenaikan. Mulai dari cabai rawit merah, daging sapi, bawang merah, bawang putih hingga telur ayam.

Berdasarkan pantauan detikcom, salah satu pedagang di Pasar Bukit Pamulang, Tangerang Selatan mengatakan cabai rawit merah melambung ke Rp 50.000-80.000 per kilogram (kg). Pedagang sayur bernama Sudarman mengatakan, harga itu bisa saja meroket lagi menjelang Lebaran nanti.

"Sekarang yang lagi naik itu cabai rawit merah kalau di kelas pengecer Rp 50.000, bisa juga Rp 80.000 per kilogram paling mahal sekarang. Biasanya bakal tambah mahal kalau akhir-akhir menjelang lebaran atau tahun baru itu. Waktu itu pernah tembus Rp 100.000/kg tapi sebentar," katanya kepada detikcom, Selasa (15/3/2022).

Kemudian, cabai keriting dijual seharga Rp 40.000/kg, cabai rawit hijau Rp 35.000/kg, dan cabai merah besar Rp 40.000/kg. Kenaikan harga ini pun menyebabkan penjualan mengalami penurunan, meskipun tidak terlalu tajam dan masih terbilang normal.

"Kalau sayur ini sebenarnya nggak ada keluhan ya, kalau cabai kan memang kalau lagi banyak stoknya murah kalau lagi dikit mahal. Penjualan ya menurun tapi nggak banyak, masih normal sedikit," ucapnya.

Ia juga menjabarkan harga bahan sayur lainnya, seperti bawang merah dan bawang putih saat ini sudah tembus Rp 38.000/kg. Meski harga itu terbilang naik dari normal, Sudarman mengatakan harga itu sudah lama terjadi.

"Bawang putih, bawang merah sama Rp 38.000/kg. Itu udah lama segitu harganya jadi seperti ya normal-normal aja," ujarnya.

Harga telur naik jelang Ramadhan. Cek halaman berikutnya.